email : [email protected]

33.2 C
Jambi City
Selasa, Mei 21, 2024
- Advertisement -

AL MULK SEBELUM TIDUR? TIDURLAH SEBELUM IQRA

Populer

Oleh: Muthia Arahmah

Kenapa sih dengan Al-Mulk? Apa sih keutamaannya. Yuk para penikmat pembaca silahkan dibaca. Semoga diamalkan dan menuai pahala. Aamiin Yaa Allaah.

1.Terhindar dari siksa kubur

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa barang siapa membiasakan diri untuk membaca surat Al-Mulk sebelum tidur maka akan terhindar dari siksa kubur. Seperti yang diriwayatkan HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim.
Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa Rasulullah menamai surat Al- Mulk sebagai Al Mani’ah (Penghalang dari siksa kubur)

2.Menjauhkan diri dari maksiat

Tanpa kita sadari terkadang terjebak pada perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Atau sudah menghilang maksiar yang sudah pasti dilaknat Allah. Untuk mencegah hal itu kembali, sebaliknya lindungi diri dengan membaca Al Mulk seperti yang telah ditegaskan Allaah di dalam Al Mulk 12, “Mereka itu takut pada Allah di kesenyiaan ketika mereka tidak tampak di hadapan manusia lainnya. Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyu-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat kepada Allah”

3.Rasulullah Saw bersabda

“Bacalah Al-qur’an, karena sesungguhnya bacaan al qur’an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi oranf orang yang membacanya (sewaktu di dunia) HR.Muslim no 804.

4.Mendapatkan Pengampunan Dosa

Dari Abu Huroiroh, Nabi saw bersabda: “Ada surat dari Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat memberi syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga oranf tersebut diampuni dosanya, yaitu surat Tabarokalladi bi yadihil mulk” (HR. Abu Dawud). Disebutkan pula dalam hadist lain, yang artinya: Anas bin Malik mengatakan, Rasulullah Saw bersabda:, “ada surat dari Al qur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukannya ke surga yaitu: surat Tabarok” (HR. Thabrani).

5.Diantara surat yang diperhatikan Nabi Saw
Dari Jabir bin Abdillah berkata, “Rasulullah tidak tidur pada malam hari sehingga dia membaca (Alif laam miim, Tanzil) dan (Tabaaraka biyadhii Mulku) HR,Tirdmidzi.

Dari beberapa sumber

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru