email : [email protected]

33.1 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

Aplikasikan Ilmu di lapangan, Peserta Pelatihan UPT Kementan Lakukan Praktek di BMKG Jambi

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian di bidang pelatihan, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi telah menyelenggarakan pelatihan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim bagi aparatur.

Sebagai tindak lanjut pembelajaran teori di dalam kelas, maka diadakanlah kegiatan kunjungan lapangan peserta pelatihan ke Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi.

Bertempat di lahan praktek BMKG, kali ini peserta pelatihan diberikan penjelasan tentang proses terjadinya hujan yang dilanjutkan dengan perkenalan sebagian besar alat iklim.

Dalam materi ini para peserta dipandu oleh dua orang fasilitator dari BMKG yaitu Wildan dan Nurul yang memberikan informasi tentang perkiraan kejadian hujan. Menurut Wildan Stasiun BMKG Jambi siap menerima siapapun yang ingin belajar baik dalam hal kunjungan, praktek kerja lapangan, maupun dalam penelitian skripsi

Antusiasme yang ditunjukkan oleh para peserta ini menggambarkan rasa ingin tahu mereka yang menggebu-gebu, terutama dalam menghadapi perubahan iklim yang sering terjadi di tanah tinggal mereka ini.

Kegiatan ini menindaklanjuti instruksi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) kepada seluruh UPT untuk dapat berperan aktif sesuai dengan tupoksi yaitu peningkatan kompetensi SDM pertanian, salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan.

“Untuk mewujudkan pertanian yang maju mandiri dan modern sebagaimana tujuan pembangunan pertanian saat ini, maka dibutuhkan SDM pertanian yang kompeten dan berdaya saing sebagai kunci utama pembangunan pertanian” kata Kepala Badan.(*)

Editor: Ainun Afifah

Baca juga  BMKG Peringatkan Masyarakat Waspada La-Nina dan Bencana Hidrometeorologi
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru