email : [email protected]

33.1 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

Kementan Dorong P4S Lentera Kehidupan Optimalkan Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit 

Populer

Tanjung Jabung Barat, Oerban.com – Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Lentera Kehidupan yang terletak di Desa Dataran Kempas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan salah satu P4S binaan Kementerian Pertanian, dalam hal ini Balai Pelatihan Pertanian Jambi sangat fokus terhadap pengelolaan limbah kelapa sawit.

Supari selaku ketua P4S Lentera Kehidupan menjelaskan memulai kegiatan pembuatan kompos yang merupakan produk unggulan P4S Lentera Kehidupan. Banyaknya ternak yang ada dan limbah tanaman sawit dan dia mulai berpikir untuk memanfaatkannya menjadi kompos dari limbah kelapa sawit.

Beliau menjelaskan mulai membuat kompos dari limbah kelapa sawit tahun 2016, dengan Hasil produksi 1000 sampai 1500 ton/bulan dengan omset 1 sampai 1,5 milyar/bulan dengan tenaga kerja sebanyak 40 orang. P4S ini juga bekerja sama dengan perusahaan lokal di mana semua hasil produksi kompos digunakan untuk perkebunan akasia.

Hal ini menjadi motivasi bagi masyarakat sekitar dalam mengelola limbah di sekitar kebunnya. Selain itu, pengembangan usaha dilakukan untuk memberikan gambaran kepada generasi muda agar tertarik pada dunia pertanian.

Kepala BPPSDMP kementan, Dedi Nursyamsi juga mengatakan pentingnya peningaktan SDM. “Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM. Karena SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian,”ujarnya.

Sebagai lembaga pelatihan pertanian, P4S ini telah melakukan upaya dalam pengembangan SDM pertanian. Hal ini dibuktikan P4S Lentera Kehidupan menjadi tempat kunjungan terkait dalam pengelolaan limbah sawit.(*)

Editor: Ainun Afifah

Baca juga  Sekretaris BPPSDMP Berikan Pembinaan Pegawai di Bapeltan Jambi
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru