BAHAN DAPUR UNTUK KESUBURAN TANAMAN

oleh -26 views

Kota Jambi, Oerban.com – Tren masyarakat kota yang mulai memaksimalkan lahan perkarangannya untuk menanam berbagai jenis tanaman mulai terasa. Hal ini akibat pandemi covid-19 sehingga sebagian ibu-ibu rumah tangga menanam untuk menghilangkan suntuk dirumah. (31/07/2020)

Pantauan oerban.com, terlihat ibu-ibu membeli jenis bunga dan pot dan polybag untuk media tanam. Berbagai jenis bunga dan tanaman laku dipasaran untuk ditanam dilahan perkarangan dan teras rumah.

Untuk menghemat biaya, seperti pupuk dan zat perangsang tumbuh, ibu-ibu rumah tangga dapat memanfaatkan berbagai sisa-sisa bumbu dapur dan bahan dapur untuk dijadikan media pupuk. Diantara berbagai bahan tersebut antara lain :

1. Penyedap rasa
Penyedap rasa dipercaya mampu meningkatkan kesuburan tanaman, karena mengandung zat perangsang tumbuh. Berbagai jenis penyedap rasa dapat digunakan, dengan cara menyiramkan ketanaman.

2. Cangkang Telur

Untuk menggunakannya sebagai penyubur tanaman, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, cuci cangkang telur dan hancurkan sampai menjadi bubuk kasar lalu taburkan pada tanaman. Selain itu, juga bisa merebus cangkang tersebut dengan air selama beberapa menit lalu biarkan semalaman. Jika sudah, saring air rebusan tersebut lalu masukkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan langsung ke tanah.

3. Kulit pisang

Buah pisang tak hanya enak dimakan, namun juga memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan. Tapi tak banyak yang tahu jika pisang ternyata juga bisa memberikan dampak baik bagi tumbuhan. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan kalium, termasuk di bagian kulitnya.

Kulit pisang sendiri sangat cocok untuk menyuburkan tanaman yang membutuhkan banyak kalium, salah satunya adalah bunga mawar. Cara penerapannya pun sangat mudah. Saat mawar tumbuh, kubur buah pisang atau kulitnya pada lapisan atas tanah. Dengan begitu, mawar akan tumbuh subur karena mendapat cukup kalsium dari buah pisang atau kulitnya.

5. Sisa Ampas Teh

Bubuk teh bekas mengandung nutrisi dan asam tanat yang dapat menciptakan lingkungan lebih subur untuk tanaman. Bahan satu ini dapat meningkatkan kadar nutrisi dan kualitas tanah saat terurai. Caranya sangat mudah, hanya perlu menyebarkan ampas teh di sekitar akar tanaman sambil sedikit membenamkannya ke dalam tanah.

Diolah dari berbagai sumber