BERTEKAD MENJADI PUSAT KAMBING BOERKA DI ACEH, P4S NACARA FARM TERIMA BANTUAN DARI LOLIT SUNGAI PUTIH MEDAN

oleh -313 views
Kadistan Pidie Ir. H. Syarkawi [berdiri] menyerahkan bantuan kambing boerka dari Lolit Sei Putih kepada ketua P4S Nacara Farm Muhammad Jafar [sumber photo : evi]

Sigli, Oerban.com – P4S Nacara Farm terus melakukan terobosan dengan mengembangkan kambing boer di wilayah Pidie. Baru-baru ini P4S Nacara Farm menerima bantuan bibit kambing boerka, ini merupakan tindak lanjut dari keberhasilan Nacara Farm sebagai model dalam mengembangkan kambing boerka. Melalui pihak Balai Pengkajian Teknologi dan Pertanian (BPTP) Aceh merekomendasikan Nacara Farm sebagai tempat untuk pengembangan boerka di Pidie. Atas permohonan Poktan Nacara Farm untuk mendapatkan bibit boerka bagi para peternak binaan P4S Nacara Farm, maka pada tanggal 26 Juni 2019 tim dari Lolit kambing potong Sei Putih Sumatera Utara melakukan survei ke lokasi kandang para peternak untuk melihat langsung jumlah ternak, kondisi kandang ketersediaan pakan ternak serta pengalaman peternak.

Sebagai tindak lanjut, pada tanggal 6 Agustus 2019, di serahkan 20 ekor kambing boerka jantan dan 4 ekor kambing boerka betina kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Pidie dan di teruskan kepada P4S Nacara Farm untuk di serahkan kepada para peternak binaannya. Lolit kambing potong Sei Putih Sumatera Utara akan melakukan pemantauan dan evaluasi tahun depan untuk melihat perkembangan dari pembibitan kambing boerka tersebut. (8/8/2019)

Penanda Tanganan dokumen serah terima kambing dari Lolit Sei Putih kepada dinas pertanian Pidie [sumber photo : evi]

Dalam sambutannya staf Lolit kambing potong Sei Putih Dr. Andi Tarigan mengatakan bahwa dari 500 ekor bibit kambing boerka yg disebarkan di seluruh Indonesia, Nacara Farm merupakan salah satu penerima hibah. “Nacara Farm diharapkan menjadi sentra produksi kambing boerka. Bantuan ini harus di gulirkan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan. Setiap kambing pejantan boerka diusahakan utk di kembangkan selama 2 tahun agar tidak terjadi perkawinan sedarah. Maka harus ditukar dengan kambing boerka dari sesama peternak binaan. Oleh karena itu, ini merupakan penelitian dan pengembangan sehingga ada model di kabupaten Pidie”, ungkap Tarigan.

Sementara itu kepala dinas pertanian Pidie Ir. H. Syarkawi menghimbau kepada petugas dan stafnya untuk melihat P4S Nacara Farm sebagai pilot project yang sudah melaksanakan dan mengembangkan dunia peternakan sehingga menjadi motivator bagi para masyarakat di Pidie khususnya dan Sumatera.
“Dengan adanya contoh wadah peternakan dan tempat menimba ilmu diharapkan tingkat pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Pidie bisa berkurang. Untuk tindak lanjut ke depan, dinas pertanian dan pangan kabupaten Pidie akan memberikan perhatian lebih untuk membantu dan mendukung kegiatan di P4S Nacara Farm agar terus berkembang menjadi sarana tempat belajar, berbuat dan berkreasi di bidang peningkatan ekonomi masyarakat”, jelas Syarkawi.

P4S Nacara Farm ini merupakan contoh yang direkomendasikan untuk mendapatkan bantuan hibah atas keberhasilannya dalam mengembangkan pembibitan kambing boerka di Pidie. Ini merupakan langkah awal untuk menuju hasil yang lebih baik. Jagalah bibit ternak tersebut agar berkembang dengan baik.

Para perternak binaan P4S Nacara Farm begitu senang dibantu kambing boerka [sumber photo : evi]

Pihak P4S Nacara Farm sendiri berkomitmen untuk terus membina dan mendampingi peternak binaan. Diharapkan ini menjadi program yang berkelanjutan sehingga Lolit kambing potong Sei Putih Sumatera Utara dapat membantu para peternak dengan penyediaan kambing boerka betina.

“P4S Nacara Farm akan terus membina dan mendampingi para peternak binaan agar kambing boerka tersebut berkembang dan mampu meningkatkan perekonomian para peternak. Disisi lain, P4S Nacara Farm akan terus mencoba mengupayakan tercapainya tujuan yaitu menjadi pusat pengembangan kambing boerka di Aceh yang didukung oleh teknologi dan para ahli yang dimiliki di lapangan”, kata M. Jafar, S.Hut sebagaimana diterima meja redaksi oerban.(TIM)