BPP JAMBI KOMIT UNTUK MEMBINA P4S NACARA FARM, KETUA NACARA “KAMI MASIH PERLU BIMBINGAN”

oleh -238 views

Sigli-Pidie, Oerban.com – Komitmen Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi untuk melakukan pembinaan terhadap Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) di wilayah kerjanya terus digiatkan. Sebagaimana terlihat di P4S Nacara Farm Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. (Minggu, 28/07/2019)

Sebanyak 18 orang pengurus maupun anggota P4S Nacara Farm mengikuti kegiatan bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh BPP Jambi dengan menggaet dinas pertanian dan tanaman pangan Kabupaten Pidie.

Lokasi kandang kambing P4S Nacara hanya memanfaatkan luas lahan sempit, tapi sangat produktif [sumber photo : oerban]

Kegiatan bimtek ini berlangsung selama tiga hari, dimulai hari Jum’at dan berakhir hari Minggu 28 Juli 2019.

P4S Nacara Farm berlokasi di kampung Baro Yaman Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie. Dengan komoditas unggulan kambing boerka. Sementara teknologi unggulan yang dimiliki oleh P4S Nacara Farm ini antara lain pembuatan pakan fermentasi, pupuk bokashi serta penggemukan kambing.

Menurut ketua P4S Nacara Farm Muhammad Jakfar disela kegiatan bimtek mengatakan bahwa teknologi pembuatan pakan merupakan teknologi unggulan.

“Teknologi pembuatan pakan merupakan teknologi unggulan yang kami miliki. Dimana ada empat jenis pakan yang dibuat, yakni pakan untuk penggemukan, pakan untuk kambing bunting, pakan untuk kambing menyusui dan pakan untuk kambing yang baru disapih”, jelas Jakfar.

“Biasanya pakan yang kami buat juga dibeli oleh petani lain karena mereka tidak sempat untuk menyediakan pakan. Bahkan peternak kambing di Takengon juga belajar pembuatan pakan dari sini”, lanjut Jakfar.

Muhammad Jakfar ketua P4S Nacara Farm saat menjelaskan perjalan usaha kambing boerkanya [sumber photo : oerban]

Selain itu P4S Nacara Farm juga mengolah pupuk kotoran kambing menjadi pupuk bokashi. Bahkan petani yang menggunakan pupuk bokashi dari P4S Nacara Farm mengatakan bahwa tanaman mereka tumbuh bagus serta terhindar dari serangan hama.

“Ada petani kita yang menggunakan pupuk bokashi dari kita, dan mereka katakan bahwa tanamannya terhindar dari serangan hama, sementara petani lain disekitarnya terserang hama”, tambah Evi Bahraini yang juga istri Muhammad Jakfar.

Kini P4S Nacara Farm bertekad akan menjadi pusat pengembangan kambing boerka untuk wilayah Aceh, namun masih perlu bimbingan dari BPP Jambi, sebagaimana disampaikan pada tim bimtek BPP Jambi. (TIM)