email : oerban.com@gmail.com

26.1 C
Jambi City
Jumat, Juli 1, 2022
- Advertisement -

Cara Mencegah Stres di Tempat Kerja

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Stres di tempat kerja bisa terjadi pada siapapun, tak jarang ini akan menyebabkan permasalahan serius yang berpengaruh pada faktor konsentrasi dan emosional. Merupakan sesuatu yang normal ketika kita mengalami stres akibat tekanan tugas dalam pekerjaan, namun jika dibiarkan ini akan berdampak tidak baik loh, sahabat.

Dikutip dari laman Healthline.com berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja.

Sadari bagaimana stres mempengaruhi kamu

Meski sederhana, menyadari bagaimana stres mempengaruhi kinerja sehari-hari merupakan langkah awal yang perlu kita lakukan. Biasanya ketika stres, kita cenderung merasa lelah secara emosional dan pesimis di malam hari. Dalam jangka panjang, stres dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental dan berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh.

Beberapa tanda stres yang sering muncul seperti mudah kelelahan, sakit kepala, imsomnia, perubahan nafsu makan, masalah pencernaan, detak jantung lebih cepat, berkeringat, dan merasa rendah diri.

Membuat jurnal penyebab stres

Mengidentifikasi dan mencatat gangguan stres yang kamu alami dapat membantu memahami apa yang menjadi penyebab stres yang dialami. Bisa jadi stres yang kamu alami juga diperparah dengan kondisi ruang kerja yang tidak nyaman, perjalanan jauh, mauoun kolega.

Baca juga  Manfaat Bunga di Atas Meja Kerja

Buatlah jurnal selama 1 minggu untuk melacak pemicu stres dan reaksi kita terhadap hal itu. Pastilkan untuk menyertakan orang, tempat, dan peristiwa yang mmberi respon fisik, mental dan emosional.

Luangkan waktu

Meluangkan waktu untuk pribadi selama beberapa saat dapat membantu mencegah kelelahan. Kamu bisa mendegarkan musik kesukaan, podcast maupun video lucu sejenak. Penting bagi kita untuk beristirahat dari memikirkan pekerjaan dengan tidak berhubungan secara langsung dengan pekerjaan.

Melatih manajemen waktu

Baca juga  Efek Kecemasan pada Tubuh

Kadangkala, kewalahan dalam pekerjaan bermuara pada tidak terorganisirnya waktu yang kita punya. Cobalah untuk membuat daftar prioritas kamu di awal minggu dengan menyiapkan tugas dan urutkan menurut tingkat kepentingannya. Kamu juga bisa menyelesaikannya dengan menaruh konsentrasi yang mendalam.

Seimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi

Menghabiskan waktu sepanjang hari untuk memikirkan pekerjaan bisa jadi pemicu untuk stres. Kamu perlu mengetahui batasan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ambillah jeda untuk menghabiskan weekend dengan orang terkasih dan habiskan waktu untuk hal-hal positif. Kamu juga perlu mengevaluasi pikiran negatif dan menggesernya ke arah positif, cari atau buat lingkungan yang supportif, mencoba relaksasi, melepaskan diri dari sikap perfeksionis, pergi berlibur, dan mencoba konseling.

Editor : Renilda Pratiwi Yolandini

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca juga  Mengenal Hustle Culture, Lifestyle-nya Si Workaholic yang Meneror Kesehatan Mental

- Advertisement -

Berita Terbaru