DI RUMAH SAJA BISA PINTAR BAHASA INGGRIS

oleh -93 views
Sumber : Kumparan.com

Oerban com– Setiap orang memiliki kesan tersendiri terhadap pandemi ini. Salah satunya untuk mereka yang ingin belajar bahasa Inggris. Ada yang ingin meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris dengan mengikuti kursus, tapi terkendala dengan kondisi yang harus di rumah saja atau terkendala tempat kursus yang belum buka di era new normal. Tapi jangan khawatir, walaupun di rumah saja, kamu bisa pintar bahasa Inggris, loh. Bahkan kamu bisa praktik bicara langsung sama penutur asli alias bule. Keren kan? Tapi bagaimana caranya? Yup, pakai aplikasi.
Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa bikin kamu pintar bahasa Inggris walaupun lagi di rumah saja.

1.Duolingo
Sumber: https://id.duolingo.com

Aplikasi Duolingo ini salah satu wadah yang bisa bikin kamu pintar bahasa Inggris. Kamu bisa belajar kosakata sehari-hari, belajar bicara, menulis, membaca dan mendengarkan. Tampilan belajarnya menarik dan sistem belajarnya pakai hadiah gitu, pokoknya asyik kalau belajar di Duolingo.

2.BBC Learning English
Sumber: https://play.google.com/store/apps/details?id=uk.co.bbc.learningenglish&hl=en_US

BBC Learning English adalah aplikasi resmi dari salah satu tempat kursus. Kamu bisa belajar banyak di sini. Grammar, vocabulary dan pronunciation kamu bisa makin keren kalau kamu belajar pakai aplikasi ini. Kamu bisa belajar dengan cara membaca berita dan nonton film berbahasa Inggris juga lho di BBC.

3.Cake
Sumber: https://play.google.com/store/apps/details?id=me.mycake&hl=in

Aplikasi satu ini benar-benar konsisten buat ngajarin kamu bahasa Inggris. Setiap harinya akan muncul notifikasi di gawai kamu tentang pelajaran yang harus kamu kuasai hari itu. Kamu bisa belajar dengan nonton video singkat, lalu langsung praktik cara bicaranya. Ini bisa bikin kamu pintar ngomong sih, keren. Jangan lupa, di sini bisa bicara sama native speaker juga ya.

4.ELSA Speak – English Pronunciation Coach
Sumber: https://play.google.com/store/apps/details?id=us.nobarriers.elsa&hl=in

Sesuai namanya, di sini kamu bisa belajar untuk meningkatkan skill ngomong bahasa Inggris kamu. Setiap harinya, kamu akan diingatkan untuk belajar minimal 10 menit sehari. Nanti kamu akan dites untuk mengikuti pelafalan dari tutornya, setelah selesai, kamu bisa lihat deh berapa skor ngomong Inggris kamu. Semangat ya!

5.Speaky
Sumber: https://www.speaky.com/blog/?page_id=621

Salah satu aplikasi favorit sepanjang masa. Kenapa? Karena di sini, kamu bisa praktik bahasa Inggris sama penutur asli langsung! Asyik banget kan bisa chatting atau kirim pesan suara sama mereka. Aplikasi ini keamanannya juga bagus, kamu hanya bisa berkirim pesan sama orang yang sudah kamu konfirmasi pesannya.

Selain bahasa Inggris, kamu bisa belajar bahasa lainnya seperti bahasa Arab, Jerman, dan Turki di aplikasi ini. Sama siapa? Pastinya sama penutur asli. Keren banget kan! Jadi kamu benar-benar bisa meningkatkan level bahasa Inggris walaupun sedang di rumah saja. Tapi jangan salah niat ya, tujuannya tetap belajar bahasa Inggris. Sarannya pilih teman sesama jenis ya supaya lebih enjoy praktik bahasa Inggrisnya.

6.Tandem
https://play.google.com/store/apps/details?id=net.tandem&hl=in

Ini juga aplikasi yang bisa bikin kamu ketemu sama penutur asli. Koneksi jaringan di aplikasi ini pun terbilang lancar. Selain chatting dan pesan suara, kamu bisa praktik bahasa Inggris melalui video call. Bagus banget untuk meningkatkan skill ngomong bahasa Inggris kamu. Caranya gimana? Unduh aplikasinya, daftar, lalu kamu tinggal pilih mau belajar bahasa Inggris, nanti akan ada penutur asli yang akan kirim pesan ke kamu. Bingung menentukan topik ngobrol? Kamu bisa mengajak mereka untuk diskusi tentang budaya mereka. Sambil belajar bahasa Inggris, sambil belajar budaya negara lain. Asyik kan?

Nah, itu dia beberapa aplikasi yang bisa bikin kamu pintar bahasa Inggris walaupun sedang di rumah saja. Jangan khawatir, aplikasinya gratis ya. Tunggu apalagi? Yuk belajar bahasa Inggris! Setelah ini, kamu tidak akan lagi berkata bahwa bahasa Inggris itu sulit, karena kamu sudah punya cara asyik untuk bisa pintar bahasa Inggris. Selamat mencoba dan semangat belajar!

Penulis : Nani Fitri Ramadhani
Mahasiswa Sastra Indonesia, Universitas Jambi

Editor : Siti Saira. H