DIGITAL MARKETING JADI TEMA DEBAT TERAKHIR CAPRES – CAWAPRES 2019

oleh
[sumber gambar : stratasys.com]

Jakarta, Oerban.com – Dalam debat kelima atau debat terakhir ini, para kandidat Capres dan Cawapres menanggapi lima pokok masalah yang telah disiapkan oleh tim panelis. (13/04/2019)

Masing-masing kandidat beradu strategi dan visi dalam menjalani pemerintahan lima tahun kedepan.

Dari tema yang diangkat, isu Digital Marketing menjadi tema yang cukup menarik. Karena ditema ini masing-masing kandidat melemparkan cara pandangnya, betapa pentingnya isu ini kedepan.

Mengingat idustri 4.0 dan bahkan 5.0 adalah domain kedigdayaan teknologi yang sangat cepat perkembangannya. Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan,dan komputasi kognitif.

Industri 4.0 menghasilkan “pabrik cerdas”. Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai (sumber wikipedia).

Dengan demikian maka, semua industri akan mengarah ke Digital Marketing, ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. (TIM)