email : oerban.com@gmail.com

28.4 C
Jambi City
Jumat, Agustus 6, 2021
- Advertisement -

Dukung Akselerasi Pelatihan Sejuta Petani Dan Penyuluh, Sintani Vol 10 Sukses Gelar Sosialisasi Edisi Khusus

Populer

renilda pratiwi yolandinihttps://www.oerban.com
Renilda Pratiwi Yolandini merupakan FinMartEd (Finansial, Marketing, dan Editor) di Oerbanesia. sedang menempuh pendidikan di FKIP UNJA (S1) dan mulai tergabung di Oerbanesia pada tahun 2018.

Muaro Jambi, Oerban.com – Peningkatan kualitas, kapasitas, pengetahuan, juga kemampuan sumber daya manusia (SDM) pertanian senantiasa dilakukan oleh Kementerian Pertanian sebab SDM merupakan daktor pengungkit utama dalam peningkatan produktivitas pertanian. Dengan demikian pertanian Indonesia diharapkan akan semakin maju dan berdaya saing. Formulasi peningkatan kompetensi ini dituangkan dalam rencana pelaksanaan Pelatihan sejuta Petani dan Penyuluh yang akan dilaksanakan 28 Juli s/d 1 Agustus 2021.

Pelaksanaan Pelatihan sejuta petani dan penyuluh ini diharapkan dapat mempertegas tatus pertanian sebagai pilar ekonomi nasional. Seluruh penyuluh, petani, dan praktisi pertanian lain akan dilibatkan. Untuk mendukung suksesnya pelatihan ini, Bapeltan Jambi sebagai UPT pusat BPPSDMP tak terkecuali juga gencar mensosialisasikannya khususnya diwilayah binaannya. Untuk mengakselerasi program ini, Bapeltan Jambi mengadakan SIntani Vol 10 yang diadakan dalam edisi spesial mendukung pelatihan sejuta petani dan penyuluh.

Sintani merupakan program unggulan Bapeltan Jambi hasil kerjasama dengan UPTD penyuluhan provinsi Jambi. Sintani Vol 10 ini dibuka oleh Subkordinator Program dan evaluasi, Nugrowo Setyowibowo dan pemateri Lisa Mariah serta host Wahyudi Narullova.

Baca juga  Menghadirkan Praktisi Pertanian, Bapeltan Jambi Genjot Mental Petani Milenial di Kab. Siak

Nugroho Setyowibowo menyampaikan Sintani hadir untuk meminimalisir keterbatasan saat pandemi sekarang agar tetap saling bersilaturrahmi dan saling bertukar informasi yang didukung oleh kemajuan Teknologi sekarang. “ Kami berharap penyuluh berpartisipasi dan mengajak petaninya untuk bergabung pada pelatihan ini., sehingga nantinya petani terbiasa dalam kegiatan yang berhubungan dengan Teknologi informasi sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya ” kata Bowo.

Lisa Marianah sebagai narasumber menyampaikan teknis pendaftaran pelatihan sejuta petani dan penyuluh.    Lisa menyampaikan bahwa untuk Penyuluh  yang ingin mendaftar pada pelatihan tersebut, dapat registrasi melalui alamat http:latihanonline.pertanian.go.id/registrasi/penyuluh. Sedangkan untuk petani dapat mendaftar di alamat http: latihanonline.pertanian.go.id/registrasi/petani. Untuk peserta dari praktisi atau insan pertanian lainnya dapat mendaftar di alamat http: latihanonline.pertanian,go.id/registrasi/insanpertanianlain dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Baca juga  PENASARAN DENGAN MUSIM BARU, BAPELTAN JAMBI LAKUKAN INI DILAHANNYA

Sintani volume 10 ini diselenggarakan melalui zoom meeting dan youtube diikuti oleh 228 orang live Zoom dan 175 live youtube. Peserta tidak hanya berasal dari wilayah binaan Bapeltan jambi, tetapi juga diikuti oleh Prov. Bangka Belitung, Jawa, NTT, dan Sulawesi. Antusias peserta juga sangat tinggi terhadap pelaksanaan Pelatihan sejuta petani dan penyuluh ini dikarenakan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan secara live maupun chatting di zoom dan youtube.

“ Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh akan mempercepat tercapainya pertanian maju, mandiri, hingga modern. Sebab, SDM pertanian dikuatkan secara menyeluruh. Kualitas dan kuantitas produktivitas tentu akan tercapai secepatnya. Indonesia akan memiliki katahanan pangan kuat,” ungkap SYL.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi,

Menurutnya Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) telah mencanangkan kegiatan pelatihan untuk sejuta penyuluh dan petani di Indonesia. Tujuannya Untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan SDM pertanian agar berkualitas dan ini termasuk prioritas Kementan.

Baca juga  KADIS KETAHANAN PANGAN PROVINSI JAMBI BERSAMA BAPELTAN JAMBI PERKUAT KETAHANAN PANGAN MASYARAKAT GUNA WUJUDKAN KEDAULATAN PANGAN

“Sebab, mencapai target produktivitas tinggi harus didukung juga dengan SDM Pertanian yang mumpuni terutama inovasi dan teknologi yang kini makin berkembang. Tentunya hal ini untuk mendukung ketahanan pangan nasional”, terang Dedi.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru