GARBI MENJADI PARTAI POLITIK? KATA SIAPA

oleh -219 views
Deklarator GARBI Provinsi Jambi saat dialog kebangsaan di Palembang beberapa waktu lalu [sumber photo : oerban]

Jambi, Oerban.com – Meskipun kini sudah tidak sesemarak pada saat awal munculnya, Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) yang digadang-gadang sebagai lembaga buffernya Anis Matta Cs pernah membuat publik terbelah terutama partai yang didirikan Anis Matta. Bahkan flayer bertebaran di media sosial bahwa GARBI akan menjadi kendaraan politik Anis Matta. Minggu, 28/07/2019.

Kini muncul lagi yang baru yakni GELORA, entah siapa yang pertama kali menyebar logo dan flayer ini. Dengan gambar seperti gelombang ombak GELORA diberi singkatan Gelombang Rakyat. Lagi-lagi ini dikaitkan dengan kendaraan politik Anis Matta dengan ketua umumnya Fahri Hamzah dan Anis Matta menjadi ketua dewan Pembina.

Menanggapi hal tersebut, ketua GARBI Provinsi Jambi Hendri. Y mengatakan bahwa semua klaim itu sah-sah saja, namanya juga lembaga yang belum ada wujudnya. Meskipun wacana pendirian partai baru yang diinisiasi oleh pentolan-pentolan GARBI memang sudah lama mengemuka. Sementara GARBI tidak akan menjadi partai politik, demikian penjelasan Hendri.Y.

“GARBI tidak akan menjadi partai politik, kata siapa GARBI akan menjadi parpol, tak ada itu. Karena GARBI adalah lokomotif perubahan, membawa wacana untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan kelima dunia. Oleh karena itu, siapapun yang ingin Indonesia menjadi kekuatan kelima dunia bebas bergabung dengan GARBI tanpa memandang latar belakang politik dan idiologi”, ungkap Hendri.

“Oleh karena itu jangan takut-takut bergabung bersama GARBI. ASN juga bisa bergabung, anak-anak muda juga bisa bergabung, emak-emak juga bisa bergabung, komonitas-komonitas juga bisa, pokoknya semuanya boleh bergabung dengan GARBI. Masalah ada kader-kader GARBI yang akan mendirikan partai politik yang katanya diinisiasi oleh kelompoknya Anis Matta, ya silahkan saja. Tapi itu hak personal, kita tentu tidak bisa membatasi kemauan seseorang”, demikian jelas Hendri pada tim oerban.

Hendri berencana akan melakukan roadshow ke beberapa wilayah yang ada di provinsi Jambi untuk memperkenalkan keberadaan GARBI kepada masyarakat. Sekaligus melihat dilapangan tentang dukungan masyarakat Jambi terkait kandidat gubernur yang akan datang.

“Kita berencana akan roadshow kedaerah, terutama kerinci dan jambi wilayah timur. Tujuannya untuk memperkenalkan GARBI kepada masyarakat serta melihat peta politik terkait Pilgub mendatang, mana tau ada kandidat yang punya visi yang sama dengan GARBI”, pungkasnya. (TIM)