email : [email protected]

25.9 C
Jambi City
Senin, Juli 15, 2024
- Advertisement -

GEBRAKAN WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA FARMASI

Populer

Jambi, Oerban.com – Jum’at pagi di gedung Fakultas Sains dan Teknologi (FST) ruang 6 Universitas Jambi (22/11) diselenggarakan workshop yang bertemakan “Membangun Generasi Kreatif dan Inovatif melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)”. Dihadiri 61 orang diantaranya 50 peserta mahasiswa dan mahasiswa programa studi Farmasi dan 11 dosen FST UNJA.

Kegiatan Workshop tersebut diadakan untuk meningkatkan minat dan bakat dari mahasiswa atau mahasiswi untuk mengembangkan idenya sebagai output dari yang telah dipelajari di perkuliahan.

Serangkaian acara workshop tersebut disusun sebagian rupa diantaranya, pembukaan, pembacaan ummul quran, kata sambutan-sambutan, materi wokshop, dan latihan pembuatan judul , pengumuman judul yang menarik dan penutup.

Ketua prodi Farmasi mengatakan PKM merupakan kegiatan pemerintah yang outputnya sangat penting.
“Workshop PKM tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan minat kreativitas mahasiswa yang kreatif dan inovatif. Proposal PKM salah satu program pemerintah yang outputnya untuk poin penting borang akreditasi prestasi-prestasi mahasiwa atau mahasiswi Farmasi nantinya. Diharapkan kegiatan PKM yang dibentuk dari berbagai angkatan untuk berkolabrasi”, ujar Elisma, ketua program studi Farmasi.

Wakil Dekan III menjelaskan data kelolosan pimnas. “PKM merupakan agenda ke 32 telah berlangsung. Berdasarkan data yang lolos PKM UNJA ada 14 tim yang lolos dan didanai sedangkan, tim yang melanjutkan ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional( PIMNAS) dari 14 tim tersebut terdapat 9 tim. Daya tampung untuk kelolosan PKM UNJA dari nasional terdapat 500 kuota, namun hanya 300 yang lolos menuju PIMNAS”, ujar Yulia Morsa, dekan bidang kemahasiswaan dan alumni FST UNJA.

Masih Yulia, “Reviewer nasional yang gratis, karena berasal dari salah satu dosen FST UNJA yaitu bapak Dr. Drs. H. Ngatijo., M.Si, sebagai pemateri workshop. Beliau salah satu tim penilai PIMNAS 2020 di Insitut Pertanian Bogor(IPB), Insitiut Teknologi Bandung (ITB) dan lain-lain. FST telah memiliki web yang dibuat oleh salah satu mahasiswa sistem informasi yaitu Farhan. Outputnya diharapkan mahasiswa mengunjunginya karena didalamnya terdapat banyak informasi berupa lomba, beasiswa, dan PKM”, paparnya.

Baca juga  UIN Jambi Raih Prestasi Gemilang: Juara Umum PKM III Se-Sumatera dan Se-Asia Tenggara

PKM yang akan dilanjutkan di PIMNAS hanya terdapat 5 jenis, diantaranya, Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P), Program Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K), Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M), Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi (PKM-T), dan Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC).
“Kepatuhan dalam pengiriman proposal PKM adalah hal utama pada penilaian PKM. Dalam pembuatan judul proposal maksimal 15 kata, singkat, jelas, unik dan bombastis, seperti Si Lila Silica Care,” ujar Ngatijo.

Kegiatan workshop berjalan dengan lancar. Mahasiswa antusias dalam mengikuti kegiatan PKM tersebut. Seminar ini dilakukan action langsung bagi setiap mahasiswa berupa pembuatan judul yang kreatif dan inovatif. Tiga Judul yang terbaik diberi reward.
Harapannya, kegiatan tersebut dapat membangkitkan semangat mahasiswa atau mahasiswi untuk mengembangkan ide kreativitasnya pada PKM dan dapat diaplikasikan pada masyarakat.

Penulis: Nurul Zhikra
Editor : Siti Saira. H

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru