GELAR PELATIHAN TEKNIS TEMATIK, ALSINTAN TANJUNG JABUNG TIMUR ON FIRE LAGI

oleh -56 views
Sumber: admin

Rantau Rasau, oerban.com – Pada 21 Oktober 2019, Balai Pelatihan Pertanian Jambi kembali mengadakan pelatihan teknis tematik alsintan di Kabupaten Tanjung Jabung timur. Bekerjasama dengan Satker Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Rantau Rasau menunjukkan bahwa alsintan Kabupaten Tanjung Jabung Timur bangkit kembali.

Acara yang diadakan selama 3 hari dari tanggal 21 – 23 Oktober 2019 ini dihadiri oleh Kepala Balai Pertanian Jambi yang diwakili oleh Kasi Penyelenggara Pelatihan, Elly Sarnis Puskesmawati, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang diwakili oleh Kasie Penyuluhan, Suparmin, Kabid Sarana dan Prasarana, Herdison, Widyaiswara BPP Jambi, Yakmar serta 30 orang peserta pelatihan teknis tematik alsintan.

Dalam sambutannya, Suparmin yang mewakili Kepala Dinas mengucapkan terima kasih kepada BPP Jambi karena mau memfasilitasi kegiatan ini. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Upja – Upja yang ada di Tanjung Jabung Timur. “Dengan adanya pelatihan ini dapat pengetahuan dan keterampilan petani sehingga dapat memangkas waktu dan biaya produksi serta dalam pelaksanaan panen dapat mengurangi kehilangan hasil dan untuk mengurangi pecah gabah” ucap Suparmin. Kedepannya beliau mengharapkan BPP Jambi selalu memonitor dan mendampingi serta memenuhi kebutuhan – kebutuhan alsintan yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur karena BPP Jambi sebagai penentu kebijakan – kebijakan dari pusat penyebaran dan pengadaan alsintan karena sebagian kelompok tani masih banyak kekurangan.

Sementara itu Elly Sarnis Puskesmawati yang mewakili Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi menuturkan bahwasanya dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan salah satu Kabupaten yang beruntung mendapatkan pelatihan ini. Pemanfaatan Alsintan harus memberikan kontribusi dan pengaruh nyata terhadap pertanian Indonesia khusunya Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Beliau berharap alat yang disalurkan dijaga secara maksimal, dan terus bekerja secara optimal serta dapat melibatkan petani – petani dan anak muda yang perduli akan pertanian. Di akhir sambutannya beliau langsung membuka acara dan menyematkan tanda peserta sebagai tanda telah dibukanya Pelatihan Teknis Tematik Alsintan Angkatan II secara resmi(WN).

Editor: Renilda Pratiwi Yolandini