email : oerban.com@gmail.com

24.5 C
Jambi City
Sabtu, Februari 27, 2021
- Advertisement -

Ini Bahaya Jika Kamu Menahan Kentut

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Kamu pasti pernah menahan kentut dalam hidupmu, hampir semua orang melakukannya. Hal ini bisa disebabkan karena kondisi yang tidak memungkinkan hingga bentuk norma kesopanan yang berlaku. Tapi tahukah kamu apa implikasi kesehatan dari menahan kentut terlalu sering? Dalam video YouTube dari channel what if yang berbahasa Inggris, berbagai penyebab orang menahan kentut dan akibatnya dijelaskan, hasilnya menahan kentut dapat berbahaya bagi kesehatan loh.

Dalam penjelasan video dari akun ilmu pengetahuan dan kesehatan tersebut mengatakan, rata-rata orang kentut 12 dan 25 kali sehari, dalam ilustrasi video tersebut, diibaratkan dengan mengeluarkan Kentut seperti menaruh cukup gas untuk mengisi botol soda satu hingga dua liter setiap hari. Gas usus ini terbentuk sebagai bagian dari proses pencernaan, biasanya disebabkan oleh udara yang kita telan saat makan, minum, dan merokok. Itu juga dapat diproduksi ketika bakteri memecah makanan di usus besar.

“Beberapa makanan menyebabkan jumlah gas yang lebih besar dan berbau karena mengandung belerang,” jelas video tersebut. Makanan ini meliputi kembang kol, kacang-kacangan, dan produk susu. 

Gas usus bisa dilepaskan sebagai sendawa atau kentut. Saat kamu menahan kentut dengan mengencangkan otot sfingter anus, tekanan akan membangun gas di sistem pencernaan. Dalam jangka pendek, ini bisa langsung menyebabkan nyeri, kembung, dan mulas.

Jika kamu menahan kentut dalam waktu yang cukup lama, gas tersebut bahkan dapat diserap ke dalam aliran darah, masuk ke paru-paru, dan akhirnya dihembuskan sebagai sendawa yang lebih diterima secara sosial. Tapi, seperti yang dijelaskan dalam video, itu mungkin skenario  terbaik.

Kemungkinan lain adalah kamu bisa mengembangkan kantong bengkak dan meradang yang terbentuk di sepanjang dinding usus dalam kondisi yang dikenal sebagai divertikulitis. Kondisi yang tidak sedap ini dapat menyebabkan diare, demam, dan pendarahan dari rektum.

Namun, jika ada sesuatu yang menghalangi usus besar dan mencegah mengeluarkan gas, usus besar bisa mulai mengembang — sampai keluar. Untungnya, ini hanya terjadi pada pasien yang mengalami sakit parah. Jadi jangan khawatir, usus kamu tidak akan meletus seperti balon dalam ilustrasi video tersebut karena menahan kentut.  

Sumber : Menshealth

Editor: Renilda P Yolandini

Baca juga  3 TANAMAN BUMBU DAPUR PLUS PENGUSIR NYAMUK, WAJIB ADA DITERAS RUMAH
- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru