email : [email protected]

26.6 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

JERNIH SEBELUM MENYEBAR BERITA AGAR TAK MENJADI HOAX

Populer

Jambi, Oerban.com – Tepat hari ini, Rabu (03/10/18), beredar sebuah foto dan video di WhatsApp (WA). Video dan foto tersebut menampilkan dahsyatnya Gunung Soputan yang meletus hari ini.

Pada foto dan video tersebut, menunjukkan peristiwa saat kejadian bencana alam tersebut terjadi. Yaitu gunung meletus yang amat dahsyat. Dalam foto dan video itu, tampak abu vulkanik yang membumbung tinggi diduga dari letusan Gunung Soputan. Pada video juga terlihat beberapa kendaraan melintasi jalan sekitar. Namun anehnya, jalur kendaraan tidak sesuai dengan pola yang ada di Indonesia. Yaitu posisi sopir berada dipinggir jalan bukan di tengah.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan foto dan video tersebut merupakan berita palsu.

“Video ini HOAX. Ini bukan lava Gunung Soputan. Gunung Soputan meletus pada 3/8/2018 pukul 08.47 WITA. Tapi tidak mengeluarkan lava keluar dari kawah. Abaikan dan delete jika menerima video ini di medsos,” tulisnya dalam akun Twitter miliknya.

Ia menambahkan, video lava yang diduga berasal dari letusan gunung Soputan ternyata berita palsu. “Video ini bukan erupsi Gunung di Soputan. Ini erupsi gunung di Amerika Selatan. Jika dikatakan erupsi gunung Soputan,itu HOAX. Abaikan dan jangan ikut menyebarkan di sosial media “ tulisnya dalam akun twitter pribadinya.

Sutopo menegaskan, bahwa foto yang beredar tersebut merupakan rekayasa yang dulu juga pernah disebarkan sebagai letusan Gunung Sinabung tahun 2014. Jadi sebagai masyarakat yang cerdas.

Seharusnya kita harus lebih jeli atas semua kejadian yang ada. Telusuri terlebih dahulu berita tersebut, apakah akurat dan relevan. Agar nantinya kita tidak salah menyebarkan informasi kepada masyarakat. (RPY)

Baca juga  Perangi Hoaks, AJI Jambi Bersama GNI Gelar Training Literasi Digital
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru