email : oerban.com@gmail.com

23.2 C
Jambi City
Kamis, Januari 21, 2021
- Advertisement -

JUS ANTI SEMBELIT

Populer

Jambi, Oerban.com – Sembelit biasa terjadi, hampir semua orang mengalami kejadian ini. Sembelit atau disebut juga konstipasi merupakan kondisi medis yang ditandai kesulitan buang air besar akibat mengerasnya feses. Sembelit terjadi ketika kolon (usus besar) menyerap air secara berlebihan atau juga akibat konstraksi otot-otot di kolon berjalan lambat. Hal ini membuat kolon lambat bergerak akhirnya kering dan mengeras. (21/11/2020)

Ada dua jenis sembelit, pertama idiopatik, kedua fungsional. Konstipasi idiopatik disebabkan masalah hormonal, persarafan, serta masalah pada otot-otot saluran percernaan terutama pada anus, retum atau kolon. Sedangkan konstipasi fungsional merupakan kondisi usus tidak berfungsi dengan baik.

Penyebab utama dari sembelit biasanya akibat kekurangan mengkonsumi serat. Gejala umum sembelit ini ditandai dengan :

1. Perut terasa begah, seperti kekeyangan, penuh dan terasa kaku.
2. Tubuh lesu, cepat lelah, terasa berat hingga menimbulkan rasa malas.
3. Jantung sering berdebar tidak teratur.
4. Timbul rasa mulas dan rasa sakit disekitar perut.
5. Sering buang angin.
6. Warna feses menjadi gelap, dan
7. Sering buang air besar.

Guna mengatasi sembelit atau konstipasi ini, ada ramuan buah yang dibuat menjadi jus, ramuan itu berupa :

Baca juga  YUK SEHAT, CARA JITU MASYARAKAT JEPANG

1. Jus Pepaya Kayu Manis
Cara membuat jus Pepaya Kayu Manis ini adalah dengan memblender bahan yang telah disiapkan. Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk jus ini antara lain buah pepaya yang sudah matang, air perasan jeruk nipis, madu, garam, bubuk kayu manis dan es (bagi yang suka es). Takaran untuk bahan tersebut adalah 150 gr pepaya, 2 sendok makan air perasan jeruk nipis, 1 sendok makan madu, garam 1/8 sendok makan, bubuk kayu manis 1/8 sendok makan dan es. Bahan-bahan tersebut diblender, kecuali bubuk kayu manis, setelah halus taburkan bubuk kayu manis diatas jus, jus siap untuk diminum.

Baca juga  Kiat-kiat Agar Orang Mau Mengikuti Keinginan Kita

2. Jus Guava Cloudy
Siapkan bahan-bahan untuk membuat jus guava cloudy, yakni jambi biji 150 gr, gula batu 2 sendok makan, air matang 150 ml dan es. Blender bahan-bahan tersebut sampai halus merata, masukan kedalam wadah gelas dan masukan es, jus Guava Cloudy siap dicicipi.

3. Jus Buah Campuran
Untuk membuat jus buah campuran ini diperlukan beberapa jenis buah, antara lain jambi biji 300 gr, stroberi 150 gr, susu kental manis 2 sendok makan, jeruk nipis 2 sendok makan, dan es batu. Masukan semua bahan kedalam mesin blender, kemudian lakukan pemblenderan. Setelah semuanya halus dan rata, masukkan kedalam wadah gelas. Jus buah campuran dapat dinikmati.

Ketiga jenis jus tersebut diyakini mampu mengatasi sembelit sehingga buang air besar kembali lancar dan perut tidak lagi begah atau kembung.

Penulis : Tim Redaksi
Diolah dari beberapa sumber

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca juga  GUNA TINGKATKAN PENDAPATAN PETANI, KEDEPAN KOPI DAN KAYU MANIS HARUS JADI POWDER

- Advertisement -

Berita Terbaru