email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

Kelompok 14 KKN UBY 2023 Gelar Pelatihan Pembuatan POC dan Pestisida Nabati di Kebun Gizi Sawi Desa Candigatak

Populer

Boyolali, Oerban.com – Kelompok 14 KKN UBY 2023 Desa Candigatak memiliki tema “Penguatan Pendidikan Anak Melalui Sanggar Belajar Anak dan Branding Kearifan Lokal Berbasis Knowledge”. Pada kesempatan ini mereka melaksanakan pelatihan pembuatan POC (Pupuk Organik Cair) dan Pestisida Nabati untuk Kebun Gizi Sawi Desa Candigatak, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.

POC (Pupuk Organik Cair) yang dibuat pada pelatihan ini berbahan baku dari limbah rumah tangga yaitu kulit pisang dan air cucian beras. Alat-alat yang digunakan pun cukup sederahana hanya botol bekas dan ember. Bahan-bahan yang digunakan adalah air 1 liter, 25 ml EM4, 25 ml molase (tetes tebu). Setelah bahan-bahan sudah dicampur dan dimasukan kedalam botol bekas ukuran 1,5 liter dan tutup rapat-rapat. POC didiamkan selama 14 hari, setelah itu POC dapat diaplikasikan ke tanaman dengan dosisi 1:10.

Pelatihan pembuatan pestisida nabati ini dilakukan karna banyak anggota dari kebun gizi yang mngeluhkan prihal hama ulat di tanaman sawi mereka ke mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Candigatak.

Pada pelatihan pembuatan pestisida nabati ini bahannya sangat sederhana yaitu bawang putih dan lidah buaya. Cara pembuatannya sangat mudah, yaitu hanya menyiapkan 1 batang daun lidah buaya dan 5 siung bawah putih.

Selanjutnya, kedua bahan tersebut dihaluskan dan siapkan 1 liter air untuk melarutkan kedua bahan tersebut. Setelah itu, diamkan selama 24 jam pestisida nabati sudah bisa diaplikasikan dengan cara disemprotkan ke daun tanaman.

Ketua PKK Desa Candigatak Ibu Wiwik menyampaikan “Saya sangat berterimakasih kepada anak-anak yang melaksanakan KKN di desa kami ini. Mereka sangat responsif sekali dengan agitasi di masyarakat sini. Kemarin kami mengeluhkan problem mengenai kebun gizi kami, dalam waktu 1 minggu anak-anak sudah dapat memberikan solusinya. Anak-anak Universitas Boyolali ini sangat membanggakan sekali mereka juga dapat melebur dan berbaur dengan kami. Saya berharap kedepan UBY dapat mengirimkan mahasiswa terbaiknya lagi di Desa kami.” ujarnya.

Baca juga  Walikota Padang Panjang Berharap Munculnya Inovasi Dalam Pelatihan Pengolahan Susu Yang Digelar Oleh Kementan

Kelompok 14 KKN UBY 2023 juga melaksanakan pemasangan papan nama komoditas tanaman di kebun gizi ini. Mereka memberikan muatan knowledge di papan tersebut, mulai dari nama latin, manfaat tumbuhan dan cara penggunaannya.

Pemateri sekaligus Ketua Kelompok 14 KKN UBY 2023, Latiful A’la menyampaikan, “Alhamdulilah pada kesempatan yang berbahagia ini kami dapat sharing knowledge dengan para kader di kebun gizi sawi Desa Candigatak ini. Pelatihan pembutan POC dan Pestisida Nabati yang kami selenggarakan ini menggunakan bahan-bahan yang sangat sederhana dan dapat kita temukan dilingkungan sekitar. Saya berharap permasalahan di sektor pertanin yang ada di Desa ini segera terselsaikan dengan adanya kami ini. Tentu kebun gizi ini selain menjadi kegiatan ibu-ibu di desa ini, juga bisa menjadi salah satu pendorongan Desa Wisata. Karena selama kami disini kami membantu penataan layout dan lain-lain sehingga mendukung tempat ini menjadi wisata edukasi kedepan. Ada tanaman-tanaman holtikultura, herbal/atsiri, terapi ikan dan banyak lagi fasilitas yang bisa teman-teman kunjungi untuk menghilangkan penat,” ujarnya.(*)

Editor: Ainun Afifah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru