email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

Kembali PT Agincourt Resources dan Kementan Kerja Sama Selenggarakan Pelatihan

Populer

Tapanuli Selatan, Oerban.com – Agincourt Resources (PT. AR) yang beroperasi di Desa Aek Pinang, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara selalu hadir memberikan solusi kepada petani binaan sekitar wilayah kerjanya. Berbagai langkah strategis dilakukan agar bagaimana para petani tetap dapat mengolah lahan pertaniannya serta munculnya sumber daya manusia pertanian yang berkualitas ke depan.

Hal ini terlihat dari kegiatan pelatihan non teknis bagi petani aktor millenial yang digelar oleh PT. Agincourt Resources di Syakirah The View and Resto, Kecamatan Aeksabahon, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara mulai tanggal 23 sampai dengan 29 November 2023.

Pelatihan ini merupakan kerjasama antara PT. AR dengan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian, Bapeltan Jambi. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dari progam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dari PT. AR di bidang pertanian khususnya masyarakat sekitar tambang.

Adapun tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi petani aktor millenial dalam pengembangan usaha khususnya dalam hal legalitas, perizinan dan manajemen usaha. Selain itu merupakan pelatihan lanjutan dari pelatihan-pelatihan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. 

Hadir dalam kegiatan pembukaan pelatihan di antaranya Dinas Pertanian daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, perwakilan PT. Agincourt Resources serta perwakilan Bapeltan Jambi. 

Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan, Yenny Lubis dalam arahan pembukaan pelatihan menyampaikan bahwa untuk menjadi sukses dalam usaha tani harus keluar dari zona nyaman dan siapapun dari kita bisa menjadi aktor pertanian jika mau berusaha keras dalam usahanya. 

Selanjutnya Perwakilan dari PT. Agincourt Resources menyampaikan agar para peserta dapat mengoptimalkan kegiatan pelatihan secara serius dan jika tidak paham bisa ditanyakan langsung ke narasumber. 

Baca juga  Dorong Mekanisasi Pertanian, Penyuluh Demonstrasikan Rice Transplanter kepada Petani

Sementara itu, Nugroho Setyowibowo sebagai wakil Bapeltan Jambi mengucapkan terima kasih pada PT. Agincourt Resources dan Dinas Pertanian yang telah men-support kegiatan selama ini dan ke depannya agar petani aktor millenial ini membentuk suatu wadah yang legal sehingga bisa menjalin kemitraan lebih luas lagi.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa BPPSDMP berada di garis terdepan dalam pembangunan SDM pertanian melalui tiga pilar yaitu penyuluhan, pelatihan dan pendidikan yang harus berjalan seiring dan seimbang dalam mengemban tugas meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM pertanian.

Editor: Ainun Afifah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru