email : [email protected]

29.6 C
Jambi City
Senin, Juli 15, 2024
- Advertisement -

Kembangkan Kompetensi Mahasiswa, Fakultas Dakwah UIN STS Gelar Praktikum

Populer

Muaro Jambi, Oerban.com – Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melaksanakan praktikum pada semester genap tahun 2024 dengan tema “Pengembangan Kompetensi Mahasiswa dalam menghadapi Dinamika Perubahan Sosial Umat Islam pada Era Digital” di masjid As Sahabah Kampus 2 Simpang Sungai Duren, Senin (1/7/2024).

Dekan Fakultas Dakwah, Prof. Samsu, S. Ag, M.Pd.I.,Ph.D mengungkapkan acara praktikum fakultas dakwah ini adalah bagian dari kurikulum, 369 Mahasiswa yang hadir hari ini harus lulus karena piagam dari praktikum ini adalah syarat untuk kelulusan ujian munaqosah.

“Dalam satu semester dua kali harus kalian ikuti dan bukan hanya fakultas dakwah tetapi semua fakultas praktikum sesuai dengan kompetensi prodinya,” Kata Dekan Dakwah saat memberikan kata sambutan.

Lebih lanjut, “Tujuan dari Praktikum ini bagaimana memadukan antara teori keilmuan dengan soft skill berupa keterampilan di lapangan. Jadi, mahasiswa fakultas dakwah jangan hanya kaya dengan ilmu tetapi juga harus kaya dengan praktek. Praktikum ini adalah wadah untuk mahasiswa melakukan praktek dan memiliki kompetensi keilmuan serta memberi penguatan tertentu. Walaupun saya percaya empat prodi di fakultas dakwah ini mempunyai keterampilan, misalnya (KPI) mempunyai ketrampilan Pondkesting, Badan Penyuluhan Islam (BPI), Jurnalistik Islam (JI) dan Manajemen dakwah (MD) juga,” tutup Dekan Dakwah UIN STS Jambi.

Dokumentasi kegiatan pembuatan praktikum Fakultas Dakwah UIN STS Jambi. (Foto: ist)

Kepala Laboratorium, Agus Slamet Nugroho, S.Sos., M.I.Kom mengatakan kegiatan praktikum ini memang seperti yang sudah kita ketahui, ini adalah bagian dari untuk menghubungkan antara teori dan praktik yang mungkin selama ini kita bisa mengaplikasikan dari teori-teori tersebut pada praktek-praktek yang diberikan oleh para nasumber.

Jumlah peserta sebanyak 369 mahasiswa yang terdiri dari semester 2,4 dan 6. Dari 4 prodi semua, jadi ada prodi, komunikasi penyelidikan Islam (KPI), prodi manajemen dakwah (MD), prodi jurnalisme Islam (JI), sama prodi bimbingan penyelidikan Islam (BPI).

Baca juga  Peduli Yatim Piatu, Mahasiswa UIN Jambi Salurkan Donasi ke Panti Asuhan

Salah satu peserta praktikum, Endang Sunandar mahasiswa KPI semester 6 mengungkapkan praktikum ini luar biasa. Fakultas lain mengadakan praktikum itu terpisah antara semester satu dan sebagainya, tetapi kalau dakwah itu selalu kompak dan menampilkan ataupun mendatangkan pemateri yang kompeten tingkat provinsi ataupun tingkat nasional.

“Ya, seperti tahun kemarin itu kami datangkan kepala laboratorium fakultas dakwah,” kata Endang.

“Jadi kami kalau tahun kemarin membuat konten yang dibimbing oleh pemateri yang kompeten di bidangnya, kali ini mahasiswa antusias mengikuti praktikum, Semoga saja materi-materinya bisa kami terima dengan baik dan bisa diimplementasikan di dunia kerja,” ujar peserta.

Editor: Ainun Afifah

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru