MUNDUR DARI KETUA BPIP, YUDI BELUM BERI KETERANGAN RESMI

oleh

Jakarta, Oerban.com – Yudi Latif mundur dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), sebagaimana termuat di laman faceebook miliknya.

“Benar (Yudi Latif mengundurkan diri),” kata Kasatgasus BPIP Widodo Ekatjahjana kepada detikcom, Jumat (8/6/2018).

Sampai saat ini Yudi Latif belum bisa dimintai konfirmasi terkait hal itu. Begitu juga para anggota Dewan Pengarah BPIP. Akan tetapi, lewat akun Facebook-nya, Yudi menulis panjang soal pamitannya itu.

“Saya mohon pamit. ‘Segala yang lenyap adalah kebutuhan bagi yang lain, (itu sebabnya kita bergiliran lahir dan mati). seperti gelembung-gelembung di laut berasal, mereka muncul, kemudian pecah, dan kepada laut mereka kembali’,” tulis Yudi lewat akun Facebook Yudi Latif.

Yudi bercerita tentang awal pembentukan badan itu yang dimulai dari Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Kemudian bertransformasi menjadi BPIP per Februari 2018.

Alasan pengunduran dirinya masih simpang siur, Johan Budi sedikit memberikan keterangan terkait mundurnya Yudi dari Kepala BPIP.

“Isi surat itu sendiri, kebetulan saya baca surat yang bersangkutan, dalam surat mengacu pada surat Pak Yudi Latif peningkatan kapasitas UKP jadi BPIP kemudian disetarakan menteri tentu membutuhkan tingkat kesibukan yang lebih tinggi,” ungkap Johan Budi di kantor presiden, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018).

“Dalam surat itu beliau tidak sanggup karena masih ada urusan-urusan keluarga yang perlu diintensifkan oleh Pak Yudi Latif,” tutur Johan.

Surat tersebut dikirimkan Yudi per tanggal 7 Juni 2018 dan sudah diterima di meja Jokowi. Namun Jokowi belum membaca surat tersebut.

“Kalau dari surat belum membaca, karena diterima oleh Seskab dan Sesneg baru tadi pagi. Tapi surat per tanggal 7 Juni tapi baru diterima sekarang,” Johan menambahkan. (tim)