ERA BARU TURKI DI MULAI

oleh
Euphoria rakyat Turki dalam merayakan pesta pemilihan umum presiden dan legislatif yang baru saja selesai, minggu (24/06/2018)

Angkara, Oerban.com – Hasil dari pemungutan suara hari Minggu (24/06/2018) menunjukkan bahwa orang-orang Turki menyambut perubahan sistem, berharap masa depan yang lebih cerah.

“Berita buruk terkait dengan guncangan ekonomi tidak dilihat oleh pemilih sebagai tanda salah urus ekonomi atau sinyal kekacauan dan ketidakstabilan. Satu hal yang dapat kita yakini adalah bahwa tidak satu pun dari perkembangan itu mendiskreditkan Erdoğan di mata pemilih, yang mengambil poin referensi mereka dari pencapaian ekonomi selama lebih dari satu dekade dan bukan dari krisis jangka pendek yang didorong secara global”. Ungkap Meryem Ilayda Atlas pengamat ekonomi Turki.

Pemilih masih ingat Turki lama, yang lebih mirip negara Balkan yang miskin – sehingga memicu masyarakat untuk menolak slogan-slogan murahan yang digaungkan oleh kompetitor termasuk media-media Eropa.

Satu memori pahit yang masih diingat oleh banyak orang adalah gempa İzmit 1999 dan ketidakmampuan negara untuk merawat para korban. Itu adalah titik balik yang pasti membuka jalan bagi munculnya partai politik baru.

Mereka yang mengingat kudeta dalam sejarah politik Turki baru-baru ini juga menginvestasikan masa depan mereka di Partai AK.

Kelas menengah Turki tumbuh dengan pesat di bawah Partai AK. Standar hidup yang lebih tinggi juga terlihat di kalangan kelas menengah dan harapan dari pemerintah tumbuh secara proporsional. Layanan untuk pendidikan yang lebih baik, layanan kesehatan, lulusan universitas, jumlah orang yang pergi ke luar negeri, perumahan dan jumlah orang yang meminta pinjaman untuk membeli mobil dan rumah meningkat serta harga.

Peralihan ke sistem presidensial dalam referendum konstitusi tahun lalu memang membuat ketidak stabilan dalam beberapa kebijakan yang dibuat oleh Erdogan. Maka dengan kemenangan ini, pemilih jelas mendukung pelembagaan sistem presidensial yang baru dan mengharapkannya untuk menyelesaikan masalah ekonomi sambil melanjutkan reformasi.

Generasi muda Turki penyokong utama Era Baru Turki

Dukungan kuat datang dari Generasi Muda Turki yang dinamis dan inovatif. Mereka tidak menginginkan negara tua yang tidak berfungsi dan lemah seperti ayam sakit. SELAMAT DATANG ERA BARU TURKI! (tim)