MENANG 52,5%, ERDOGAN PIMPIN TURKI KEMBALI

oleh
Kemenangan Erdogan untuk pertama kalinya dalam sistem pemilu yang baru (serentak antara pileg dan pilpres). Minggu, 24/06/2018.

Istanbul, Oerban.com – Recep Tayyip Erdogan telah memenangkan pemilihan presiden, para pejabat pemilu mengatakan, dan menjadi presiden pertama dengan sistem pemilihan baru di Turki.

Sebelumnya, kantor berita Anadolu melaporkan bahwa suara yang diraih Erdogan mencapai 52,5 persen.

“Demokrasi kami telah menang, kemauan rakyat telah menang, Turki telah menang,” kata Erdogan kepada kerumunan pendukung yang antusias di ibukota, Ankara, Dia berterima kasih kepada warga Turki yang memberikan suara mereka dalam pemilihan yang mencapai 90 persen, suatu angka yang sangat tinggi di Eropa.

Pria berusia 64 tahun itu juga mengumumkan kemenangan Aliansi Rakyat, sebuah blok antara Partai Keadilan dan Pembangunannya yang berkuasa (Partai AK) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP), dengan mengatakan mereka telah memenangkan mayoritas parlemen dalam pemilihan legislatif, juga diadakan. pada hari Minggu (24/06/2018) dengan raihan suara 53,6 persen.

Sebelum menuju Ankara, Erdogan, yang telah memerintah Turki selama lebih dari 15 tahun sebagai perdana menteri dan presiden, juga telah berbicara kepada kerumunan pendukung yang bersorak-sorai, bendera-bendera dari atas sebuah bus di kota terbesar di negara itu, Istanbul.

(sumber:aljazeera.com)