KHABIB NORMAGEDOV, SEJAK KECIL BERLATIH GULAT DENGAN BERUANG

oleh
Kuncian mematikan Khabib saat melawan Conor [Sumber Photo : Ed Mulholland]

Rusia, Oerban.com – Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov adalah seniman bela diri campuran dari Dagestan, setelah menerima julukan «Elang» di antara para atlet. Dia tampil di laga ringan UFC. Setelah pertandingan dengan El Yakvinta pada April 2018, Khabib menjadi orang Rusia pertama yang meraih gelar juara di ajang UFC.

Khabib lahir pada 20 September 1988 di sebuah keluarga tradisional dari desa kecil Dagestan. Hampir semua pria lokal adalah pegulat turun-temurun, dan keluarga Khabib tidak terkecuali. Ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov adalah seorang master olahraga dalam gulat gaya bebas, saudara ayahnya adalah juara dunia dalam sambo pada tahun 1992, dan pamannya juga seorang pegulat.

[sumber instagram Khabib]

Dalam beberapa tayangan di Youtube, Khabib kecil sering berlatih gulat dengan lawan tandingnya seekor beruang. Khabib beberapa kali terjatuh oleh beruang, meskipun demikian tetap dalam pantauan ayahnya.

Tidaklah mengherankan bahwa baik Khabib dan adik laki-lakinya Abubakar mengikuti jejak kerabatnya. Pelatih pertama mereka adalah ayahnya, yang hampir dari buaian menyiapkan putra-putranya mampu bergulat. Sejak usia tiga tahun, Khabib mulai menguasai elemen gulat dasar, dan pada usia lima tahun dia sudah masuk ke ring.

Berat Khabib Nurmagomedova adalah 70 kg [Sumber photo : uznayvse.ru]

Khabib adalah seorang Muslim, ia tidak minum atau merokok, hampir setiap tahun berangkat umrah bersama saudaranya. Dalam beberapa tampil disiaran TV, Khabib selalu terlihat menujuk kedadanya kemudian memutar telunjuk yang menandakan bahwa dia bukanlah siapa-siapa, kemudian dia menunjuk keatas, sebagai isyarat bahwa ada yang lebih kuat yakni Allah SWT. (TIM)