email : [email protected]

33.1 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

Korban Tewas Gempa Turki Bertambah, Kini Lampaui 9.000 Jiwa

Populer

Ankara, Oerban.com – Korban tewas akibat gempa mematikan di Turki kini makin bertambah, Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengumumkan pada hari Rabu, bahwa jumlah korban telah melampaui lebih dari 9.000 orang.

Erdogan mengunjungi zona gempa dan mengatakan jumlah korban tewas kini telah mencapai 9.057.

Berbicara kepada wartawan, Presiden Erdogan mengatakan 52.979 orang lainnya terluka dan total 6.444 bangunan runtuh akibat gempa.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mencatat bahwa lebih dari 634 gempa susulan terjadi setelah dua gempa besar sejak Senin.

Selasa malam, Wakil Presiden Fuat Oktay mencatat bahwa mereka telah mulai menggunakan semua bandara untuk mengatur upaya bantuan, dan helikopter akan terus bekerja sepanjang malam sebagai bagian dari upaya bantuan bencana . Lebih dari 450.000 orang telah berlindung di asrama mahasiswa, tambahnya.

Dalam konferensi pers sebelumnya, Orhan Tatar, Kepala Direktorat Gempa Bumi dan Pengurangan Risiko mengimbau seluruh warga untuk tidak memasuki bangunan yang rusak karena gempa susulan yang tidak dapat diprediksi dapat langsung menyebabkan bangunan tersebut runtuh. Dia juga mengimbau warga untuk tidak menggunakan telepon kecuali dalam keadaan darurat.

Dua gempa besar dan 648 gempa susulan, yang terjadi sejak Senin menurut data resmi AFAD, juga mempengaruhi permukaan air laut, yang naik khususnya di distrik Iskenderun di Hatay.

Jalan, alun-alun, dan tempat kerja di daerah pesisir terendam banjir, sedangkan bangunan dan tempat kerja di jalan raya dievakuasi karena risiko.

Setelah dua gempa bumi besar yang mengguncang Turki, permukaan laut naik di jalan pesisir di lingkungan Çay di distrik Iskenderun Hatay dan meluap ke area dekat Mete Aslan Boulevard.

Permukaan laut naik di distrik Iskenderun di Hatay, menyusul gempa bumi berkekuatan 7,7 dan 7,6 yang terjadi pada Senin, Iskenderun, tenggara Turki, 8 Februari 2023. (Foto: DHA)

Orang-orang yang mengunjungi jalan-jalan setelah gempa terkejut karena air laut telah membanjiri jalan-jalan, sementara laut tidak surut meskipun sudah dua hari sejak gempa.

Baca juga  Erdogan Mendesak Barat untuk Memenuhi Harapan Rusia atas Kesepakatan Biji-Bijian

Kegubernuran Distrik Iskenderun juga mengimbau masyarakat di kawasan itu untuk tidak memasuki rumah yang rusak karena potensi bahaya luapan air laut di kawasan pesisir. Warga berusaha untuk tetap berada di taman dan menutup pasar lingkungan setelah bencana.

Sementara itu, operasi penyelamatan terus berlanjut di 10 provinsi, dengan berita menghibur datang dari provinsi yang paling terpukul Hatay dan Kahramanmaraş, di mana seorang warga berusia 80 tahun bernama Abdurrahman dan Arif Kaan berusia 3 tahun diselamatkan dari puing-puing.

Dua gempa kuat pada hari Senin mengguncang bagian tenggara negara itu. Gempa juga melanda beberapa negara tetangga di kawasan, termasuk Suriah dan Lebanon. Suriah, yang telah terhuyung-huyung akibat perang saudara selama satu dekade, telah terpukul sangat parah dengan lebih dari 2.500 kematian dan ribuan luka-luka.

Turki mengumumkan penutupan sekolah hingga 13 Februari di seluruh negeri dan menyatakan satu minggu berkabung. Presiden Recep Tayyip Erdoğan Selasa juga mengumumkan bahwa keadaan darurat tiga bulan telah diumumkan di 10 provinsi yang paling parah dilanda gempa mematikan.

Sumber: Daily Sabah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru