email : [email protected]

23.4 C
Jambi City
Selasa, Juli 16, 2024
- Advertisement -

KUNJUNGAN SINGKAT KEPALA PUSAT PENYULUHAN KEMENTRIAN PERTANIAN DI BAPELTAN JAMBI

Populer

Muaro Jambi, oerban.com –
Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Nuryati, M.Sc melakukan kunjungan singkat ke Bapeltan Jambi pada Kamis tanggal 23 Januari 2020. Kegiatan ini dilakukan beliau atas undangan Bapeltan Jambi untuk menjadi narasumber pada pelatihan dasar fungsional bagi penyuluh pertanian ahli dan terampil yang sedang dilaksanakan.

Sumber: BPP Jambi

Dalam acara yang dimoderatori oleh Kasi Penyelenggara Pelatihan Bapeltan Jambi, Elly Sarnis Puskesmawati, Kapusluh berpesan kepada penyuluh agar mensukseskan program Bapak Menteri Pertanian salah satunya adalah pembentukan Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian). Dengan program ini akan memperkuat fungsi penyuluh sebagai ujung tombak pemantauan kondisi lapangan di tiap Kecamatan.

“Ada 3 fokus tujuan utama pembangunan pertanian Indonesia, yaitu menyediakan pangan untuk 267 juta penduduk Indonesia, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan eksport dan ujung tombaknya ada di penyuluh,” kata Kapusluh.

Untuk mencapai tujuan tersebut perlu peningkatan produktivitas, kualitas dan kontinuitas komoditas pertanian dan penurunan biaya produksi. Dalam jangka pendek, Kementerian Pertanian melaksanakan program antara lain kebijakan single data melalui pengakurasian data lahan dan produksi, membangun komando strategis pembangunan pertanian dari pusat hingga Kecamatan, menjamin ketersediaan komoditas pangan strategis, perbaikan konsep asuransi dan inisiasi Bank Pertanian serta penguatan sinergitas dengan Kementerian/Lemabaga lain, perguruan tinggi serta pemerintah daerah. Adapun locus utama pembangunan pertanian ada di tingkat kecamatan.

Kegiatan pemberian materi ini merupakan kegiatan terakhir yang dilakukan oleh Kapusluh. Sebelumnya Kapusluh mengunjungi lahan Bapeltan Jambi dan melihat persiapan Agriculture Operation Room (AOR) yang rencananya akan dilakuakan teleconference dengan Menteri Pertanian pada tanggal 27 Januari mendatang. (WN)

Baca juga  KAMMI Kota Jambi Kunjungi Kepala Dinas Pendidikan
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru