email : oerban.com@gmail.com

33.9 C
Jambi City
Senin, September 25, 2023
- Advertisement -

KEJAR PENINGKATAN INDEX PERTANAMAN PADI DI TAPANULI SELATAN, BAPELTAN JAMBI GELAR PELATIHAN TEKNIS TEMATIK PADI ANGKATAN III DI BPP HUTA HOLBUNG KEC. ANGKOLA MUARA TAIS

Populer

Tapanuli Selatan, Oerban.com – Balai Pelatihan Pertanian Jambi bekerjasama dengan Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara menyeleggarakan Pelatihan Teknis Tematik Padi Bagi Petani Angkatan III di BPP Huta Holbung Kec. Angkola Muara Tais selama 3 hari dari tanggal 19 sd 21 Februari 2020. Peserta pelatihan berjumlah 30 orang merupakan pengurus Kelompok Tani yang berasal dari kecamatan Batang Angkola dan kecamatan Angkola Muara Tais sentra tanaman padi.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan yang di wakili Oleh Kepala Bidang Penyuluhan Faisal Simamora. Dalam sambutannya disebutkan bahwa alokasi Pelatihan ini sangat tepat sekali dimana Kabupaten Tapanuli Selatan merupakan salah satu daerah produsen/kawasan Pertanian strategis Indonesia seperti yang termaktub dalam Permentan 47 tahun 2018 dan sekaligus penetapan varietas local Siporang menjadi Varietas Unggul Nasional.

Perwakilan Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi sekaligus sebagai Penjamin Mutu, Binsar Simatupang, dalam sambutannya menyatakan bahwa pelatihan tematik ini di tujukan untuk pengembangan SDM Pertanian Non Aparatur dimana kurikulum yang di susun berdasarkan kebutuhan petani saat ini dan sekaligus sejalan dengan Program Kostratani, sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian (Center of Excellence) tingkat kecamatan yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dapat lebih maju, lebih mandiri dan dikelola lebih modern dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Hadir juga dalam pembukaan pelatihan ini, Kelompok Jabatan Fungsional Dinas Pertanian, Koordinator BPP Batang Angkola dan kecamatan Angkola Muara Tais dan Penyuluh Pertanian.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Kepala Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Bismark Muara Tua Siregar membawa materi Kelompok Dasar Kebijakan Program Pengembangan Padi di Kabupaten Tapanuli Selatan, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi yang diwakili oleh Binsar Simatupang, membawakan materi Etos Kerja.

Baca juga  Tekan Biaya Produksi 50%, Genta Organik Kabupaten Tanjab Barat Berhasil

Selain itu materi yang masuk dalam kelompok Inti adalah materi Melakukan Pemeliharaan Tanaman Padi oleh Irsan Efendi Hasibuan, dan Melakukan Pengendalian Hama dan Penyakit Padi oleh Marsimin, Kepala Laboratorium PHP Padang Balangka, Padang Sidempuan UPTD BPTH Provinsi Sumatera Utara. Materi Kelompok Penunjang adalah materi Dinamika Kelompok dan Menyusun Rencana Implementasi oleh Binsar Simatupang.

Melalui Pelatihan ini di harapkan mampu mengubah perilaku pengetahuan, sikap, dan keterampilan petani dalam mengoptimalkan produksi padi ini akan berdampak pula pada peningkatan ketersediaan pangan daerah dan nasional dalam upaya mencapai swasembada beras untuk peningkatan kesejahteraan petani padi di Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara.

Irpanuddin Siregar, peserta asal desa Sidadi Kecamatan Batang Angkola, sangat berterimakasih kepada Bapeltan Jambi dan Dinas Pertanian akan ikut sertanya kami dalam pelatihan ini. “Kami sangat membutuhkan pelatihan ini guna menambah wawasan dan pengetahuan kami, di mana nantinya materi-materi dan pembelajaran yang di dapat bisa di terapkan pada usahatani kami”.

Penulis: Binsar, Fauzi Nasution
Editor: Renilda Pratiwi Yolandini

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru