email : [email protected]

33.1 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

MANFAAT DAN BAHAYA BUAH RAMBUTAN BAGI KESEHATAN

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Akhir-akhir ini sepanjang jalan di Kota Jambi marak dengan penjualan buah rambutan, warga yang melintas biasanya membeli buah tersebut sebagai buah tangan untuk keluarganya. Siapa yang tak kenal dengan buah berdaging putih manis dengan kulit berwarna warna merah berbulu ini. Buah asli Indonesia yang masih berkerabat dengan kelengkeng, leci dan matoa ini ternyata memiliki beragam manfaat sekaligus bahaya.

Dikutip dari Tribunnews.com, Ayub bocah berusia 7 tahun dikabarkan meninggal akibat tersedak rambutan pada awal 2018 lalu. Sehingga pengawasan orang tua pada anak-anak yang menyukai buah ini sangat diperlukan. Selain itu, rambutan yang terlalu matang juga dapat berbahaya bagi penderita diabetes dan hipertensi. Kandungan gula yang terdapat dalam buah rambutan dapat berubah menjadi alkohol ketika usia buah ini terlalu matang. Efeknya akan terjadi peningkatan kolesterol dan hipertensi.

Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir, manfaat buah rambutan ternyata juga banyak sekali. Kandungan gizi dalam buah ini menjadikannya kaya akan manfaat. Mengutip laman grid.id berikut beberapa manfaat buah rambutan bagi kesehatan:

Menurunkan berat badan
Terdapat 75 kalori dalam setiap 100 gram rambutan yang kamu konsumsi sehingga akan membuatmu terus merasa kenyang. Buah rambutan juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu penurunan berat badan.

Meningkatkan kesehatan kulit
Antioksidan, senyawa polifenol, dan Vitamin C dalam buah rambutan dapat menetralisir radikal bebas yang terjadi dalam tubuh. Ini dapat mengurangi kondisi peradangan pada kulit dan mengurangi proses penuaan.

Meningkatkan kepadatan tulang
Buah rambutan memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak yang dapat meningkatkan kekuatan tulang dan menjaga osteoporosis yang sering menyerang ketika usia mulai bertambah.

Mencegah penyakit Jantung
Vitamin C pada buah rambutan baik sekali untuk memperkuat dan memperbaiki dinding pembuluh darah yang rusak. Ini membuat buah rambutan merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Itulah beberapa bahaya dan manfaat dari buah rambutan. Selektif dalam memilih buah rambutan saat membeli merupakan hal yang patut kamu lakukan dan jagalah porsinya agar tak terlalu berlebihan.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru