email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

Mengenal Teknologi PLTS Melalui Inovasi Dosen Teknik Elektro UNJA di SMK

Populer

Oerban.com – Tim dosen Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Jambi (UNJA) menjalankan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) di SMKN 9 Muaro Jambi pada Senin (6/11/23) dan di SMK Penerbangan Indonesia Jambi pada Sabtu (9/11/23).

Anggota tim dosen yang terlibat meliputi Nehru, S.Si., MT, Ir. Yosi Riduas Hais, S.ST., MT, Wawan Kurniawan, S.Si., M.Cs., Ir. Abdul Manab, ST, MT, Dasrinal Tessal, ST, MT, dan Andre Rabiula, S.Kom., M.Eng., bersama dengan mahasiswa Teknik Elektro UNJA, mereka menyelenggarakan kegiatan ini sebagai implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini merespons meningkatnya kebutuhan energi listrik di Indonesia, seiring data PLN yang mencatat kebutuhan listrik nasional mencapai 232.926 TWh pada tahun 2018 dengan pertumbuhan 5,1% per tahun.

Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Indonesia memiliki potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) lebih dari 400.000 MW, dengan 50% atau sekitar 200.000 MW berasal dari energi surya. Sayangnya, pemanfaatan energi surya saat ini baru mencapai sekitar 150 MW atau 0,08% dari potensinya. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) kepada siswa dan guru, sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan di bidang tersebut.

Sebagai Kepala Tim PPM, Nehru, S.Si., MT, menyatakan bahwa pelaksanaan pengabdian ini dipicu oleh potensi besar Provinsi Jambi dalam Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), sambil menyoroti keterbatasan akses listrik dari PLN di beberapa daerah di Jambi. PLTS dianggap sebagai solusi yang efektif untuk pembangkit listrik dalam skala kecil.

“Atas dasar permasalahan tersebut kami menyelenggarakan kegiatan pengabdian (PPM) ini dan kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMKN 9 Muaro Jambi Awal Hadi, S.Pd. dan guru bidang keahlian TITL, serta diikuti oleh 30 orang peserta dari siswa setempat kemudian untuk SMK Teknologi Penerbangan Indonesia Jambi dihadiri Kepala Sekolah Delfiandry, ST dan Guru-guru serta siswa kelas XII dan XIII,” tuturnya.

Baca juga  Olahraga Bulutangkis atau Permainan Badminton di Prodi Kepelatihan Olahraga dan Pendidikan Olahraga

Wakil Kepala SMKN 9 Muaro Jambi, Awal Hadi, mengemukakan bahwa Pengembangan Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan inovasi baru di lingkungan sekolah.

“PLTS merupakan hal yang baru untuk sekolah kami, belum pernah siswa-siswa kami mempelajari ini secara praktis. Alhamdulillah dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan Teknik Elektro UNJA bisa membuka wawasan kami dan mempelajari PLTS melalui trainer dan modul yang diberikan,” ungkapnya.

Kepala SMK Teknologi Penerbangan Indonesia Jambi, Delfiandry, mengungkapkan responsnya terhadap kegiatan ini.

“Teknologi PLTS saat ini sedang digerakan untuk diterapkan di Indonesia, potensinya yang besar dan sumber energi fosil yang semakin menipis mengaharuskan kita mempelajari ini. Dengan adanya pelatihan ini menjadikan dasar awal kami mempelajari lebih lanjut dalam PLTS ini,” ujarnya.

Tim PPM UNJA tidak hanya memberikan pelatihan, tetapi juga menyalurkan Trainer KIT PLST dan Modul Pembelajaran kepada SMKN 9 Muaro Jambi dan SMK Teknologi Penerbangan Indonesia Jambi.(*)

Editor: Ainun Afifah

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru