MESKI PUASA KELAS TETAP FULL TIME

oleh
Para santri sedang membaca Al Quran di Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an Center Jambi

Jambi, Oerban.com – Rumah Tahfidz Sahabat Qur’an Center Jambi sebagai salah satu pusat pembinaan al-qur’an tetap mengaktifkan kegiatan dan program-programnya pada bulan Ramadhan hingga saat ini. Hanya saja sedikit berbeda dengan hari biasanya. “Untuk bulan Ramadhan ini khusus tilawah (mengaji) saja, tidak untuk menghafal”, ucap Yulita Sawani selaku pengelola sahabat Qur’an Center Jambi.

“Untuk kelas full time kami memberi target sembilan kali khatam selama bulan Ramadhan. Tujuh kali khatam selama di asrama dan dua kali khatam selama di rumah. Sedang kelas parttime tujuh kali khatam lebih sedikit karena dibarengi dengan aktifitas kuliah santri. Lima kali khatam di asrama dan dua kali khatam selama di rumah”. tambahnya. (Rabu, 29/05/2018).

Bagi santri yang tidak mencapai target punya konsekuensi yaitu tidak boleh libur atau pulang kampung sebelum selesai menghkatamkan. Hanya diberi libur selama tiga hari sebelum hari raya idul fitri.

Program ini sengaja dibuat selain meningkatkan amalan ibadah selama bulan Ramadhan juga sebagai ajang berlomba-lomba dalam kebaikan. Terbukti santri-santri sangat bersemangat dalam membaca Al-qur’an.

Beberapa santri dapat menyelesaikan target sebelum waktu yang ditentukan. Bahkan Ayu Ikhwana salah satu santri sahabat qur’an mampu membaca 30 juz al-qur’an selama satu hari.

“Ayu dalam membaca al-qur’an seperti membaca buku ia telah terbiasa pada ayat-ayat yang dibaca, wajar saja dia telah menyelesaikan setoran hafalan sebanyak 30 juz. Saya rasa merupakan hal yang mudah jika hanya membaca qur’an 30 juz dalam sehari”. Terang Jannati santri sahabat qur’an lainnya menimpali. (Ira)