email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

Pameran Halal OKI Dibuka di Istanbul

Populer

Ankara, Oerban.com – Menteri Perdagangan Ömer Bolat pada hari Kamis menghadiri pembukaan KTT Halal Dunia ke-9 dan Pameran Halal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-10 yang berlangsung selama empat hari di Istanbul, menyoroti peningkatan pangsa perdagangan dengan negara-negara Islam dan pentingnya sektor halal.

“Pangsa perdagangan kita dengan negara-negara Islam dalam total perdagangan kita 20 tahun lalu mencapai 11%. Tahun lalu, kita meningkatkan angka ini menjadi 26%. Tujuan kita adalah meningkatkan rasio ini menjadi 35% pada tahun 2028,” kata menteri.

Berkaca pada tahun-tahun dimulainya inisiatif halal, Bolat menekankan pentingnya penyelenggaraan pameran halal sebagai sebuah kemajuan yang signifikan.

Mengacu pada upaya di sektor halal di Turki, Bolat mengatakan: “Ada ketidakpastian dan perbedaan yang signifikan di bidang ini di antara negara-negara Islam. Perkembangan signifikan telah dicapai dalam hal ini, dan Forum Islam untuk Badan Akreditasi Halal (IFHAB) ) secara resmi didirikan.”

“Organisasi yang berafiliasi dengan OKI berhasil menyelenggarakan sidang umum pertamanya tiga minggu lalu,” tambahnya.

Dia juga menyebutkan Pameran Pariwisata dan Kesehatan Eurasia ETHEXPO yang diadakan dalam lingkup KTT tersebut, menyinggung meningkatnya minat terhadap pariwisata kesehatan di Turki dalam beberapa tahun terakhir.

Menjelaskan bahwa selain perdagangan barang, yang menurutnya mencapai $25 triliun di seluruh dunia, ada juga perdagangan jasa yang bernilai sekitar $7,2 triliun.

“Pariwisata kesehatan, yang merupakan bagian dari layanan-layanan ini, merupakan sektor penting yang semakin penting dan besar di negara kita seiring berjalannya waktu, hal yang kami banggakan,” tambahnya.

“Kami menganggap topik-topik yang disorot pada KTT Halal Dunia ke-9, seperti rantai pasokan halal, sertifikasi dan akreditasi halal, pembiayaan partisipasi dalam ekonomi halal, digitalisasi dan inovasi dalam ekonomi halal global, merupakan hal yang berharga, dan kami melihat ekonomi halal, yang jumlahnya meningkat menuju $10 triliun sebagai hal yang penting bagi perdagangan luar negeri kita,” katanya secara terpisah di platform media sosial X, sebelumnya Twitter.

Baca juga  Argentina dan IMF akan Bertemu untuk Membicarakan Krisis Utang Negara

“Halal Expo 2023 dan KTT Halal Dunia ke-9 yang diadakan antara 23-26 November diharapkan dapat membantu Türkiye tumbuh dan menjadi lebih berpengaruh di pasar halal,” kata CEO Discover Events dan Presiden Dewan KTT Halal Dunia Yunus Ete. Setiap hari Sabah sebelumnya.

Menurut Laporan Ekonomi Halal OKI, Turki, Indonesia dan Malaysia berhasil masuk dalam 20 besar eksportir produk halal.

OKI adalah organisasi antar pemerintah yang didirikan pada tahun 1969, terdiri dari 57 negara anggota, dengan 48 negara mayoritas Muslim.

Acara edisi tahun ini, yang disponsori oleh Turkuvaz Media, perusahaan induk Daily Sabah, diperkirakan akan dihadiri lebih dari 500 perusahaan lokal dan asing dari lebih dari 40 negara, menurut penyelenggara.

Sumber: Daily Sabah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru