email : oerban.com@gmail.com

34.1 C
Jambi City
Rabu, Agustus 10, 2022
- Advertisement -

PELATIHAN VOKASI PERTANIAN DI ERA MILENIAL (BAGIAN I)

Populer

Sebagai sumbangan pemikiran untuk Pusat Pelatihan Pertanian, Kementerian Pertanian

Oleh : Ir. Lindung, MP
(Widyaiswara Kementan)

Era milenial atau juga sering diistilahkan industrial 4.0 merupakan masa kompetensi khusus (vokasi) terstadar mendapat fokus utama, menyadari akan pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian yang kompeten dan berdaya saing, Balai Pelatihan Pertanian Jambi memandang perlu untuk segera mengembangkan sistem pelatihan berorientasi milenial. Pelatihan pertanian ditujukan untuk menghasilkan insan kerja yang profesional dan memiliki daya saing kompetensi.

Kompetensi adalah suatu kemampuan menguasai dan menerapkan pengetahuan, keterampilan/keahlian dan sikap kerja tertentu di tempat kerja sesuai dengan kinerja yang dipersyaratkan. Standar Kompetensi adalah perumusan tentang kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan yang didasari atas pengetahuan, keteterampilan dan sikap kerja sesuai dengan unjuk kerja yang dipersyaratkan. Balai Pelatihan Pertanian dapat menjadi penyumbang nyata dalam mengisi kompetensi bagi para peserta pelatihan.

PEMETAAN PESERTA PELATIHAN PERTANIAN
Peserta pelatihan di era milenial ini dapat digolongkan menjadi 3 golongan, yaitu:


Gambar 1. Golongan peserta pelatihan pertanian era milenial

Pembahasan masing-masing golongan peserta pelatihan pertanian diuraikan satu per satu, termasuk model dan pra kondisi yang dikehendaki.

Baca juga  THE BEATRIX BRUGH
- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru