email : oerban.com@gmail.com

30.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

Penyuluh Desa Meucat Aceh Utara Bina Kelompok Tani Lago Baro dalam Pengendalian OPT Padi

Populer

swarnahttps://www.oerban.com
tulisan yang berkualitas akan menjadi lentera di gelapnya jalan kehidupan

Lhoksukon, Oerban.com – Badai pandemi corona virus disease (Covid-19) yang telah menerjang indonesia sejak awal maret 2020 dan belum juga menunjukkan tanda-tanda berakhir hingga  tahun 2021 ini telah melemahkan hampir seluruh sektor di Indonesia. Tak hanya sektor kesehatan, sektor-sektor lain pendukung ekonomi bangsa pun turut merasakan langsung dampak pandema virus ini.

Ditengah lusuhnya sektor lain, berita gembira datang dari sektor pertanian yang menunjukkan ketahanannya. Hal ini tidak terlepas dari peranan Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo yang selalu menyerukan slogan “Pertanian tidak boleh berhenti” dalam setiap kesempatan. Melalui sektor pertanianlah keberlangsungan suatu bangsa dapat dipertahankan terutama dimasa sulit seperti masa pandemi ini.

Pengendalian OPT dalam budidaya tanaman padi memang penting dilakukan agar tidak terjadi gagal panen dan produkivitas padi tetap terjaga.

Kelompok tani Laga Baro, yang berlokasi Desa Meucat Kecamatan Syamtalira Aron kabupaten Aceh Utara melakukan Farm Field Day (FFD) dengan materi  pengendalian OPT  pada padi  dikelompok taninya didampingi oleh Penyuluh Pertanian  Setempat.

FFD pengendalian OPT yang dilakukan petani yang didampingi penyuluh pertanian  ini diharapkan mampu mengendalikan populasi OPT  Selain itu, kegiatan  bisa dijadikan momentum untuk mempererat gotong royong diantara anggota Kelompok Laga Baro karena gerakan serentak di lahan pertanian untuk bersama-sama mengendalian OPT Padi.

Dengan adanya kegiatan farm field day ini dengan materi pengendalian OPT pada  Tanaman padi diharapkan kepada Anggota Kelompok tani Laga Baro Selaku peserta farm field day dapat mengendalikan OPT pada Tanaman padi. Pengendalian OPT dapat dikatogorikan dlm  suatu kegiatan yg cukup penting dari tahapan budidaya tanaman  padi, meskipun cara bertanamnya benar dan benih yg digunakan varietas unggul baru, namun bila tidak diimbangi dengan  perawatan pengendalian OPT maka hasil panen tidak akan maximal karena tanaman akan rusak bahka mati akibat populasi OPT pengganggu tanaman yang tidak terkendali.

Safri Alwi  selaku ketua kelompok  menjelaskan dalam kegiatan ini, Petani mendapat  Penyuluhan tidak hanya tentang pengendalian OPT. “Kami merasakan secara langsung manfaat dan hasil dari kegiatan penyuluhan yang telah dilakukan secara berkala seperti ini sehingga kini hampir tidak ada ledakan hama di areal kelompok tani Lago Baro, tambah Alwi.

Pada Setiap kesempatan juga , Dedi Nursyamsi selaku Kepala Badan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), menegaskan di setiap kesempatan, pertanian merupakan garda terdepan pencegahan infeksi virus berbahaya itu. Dikarenakan, pertanian berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan untuk menjaga imunitas tubuh. “Kegiatan tidak boleh berhenti, bahkan peran penyuluh justru menjadi sangat penting untuk meningkatkan produksi pertanian,” tegas  Dedi.

Peran penyuluh harus dioptimalkan dalam mendampingi petani agar keberpihakan terhadap petani benar-benar terwujud. Dan salah satu langkah penyuluh yang dapat diambil agar pendampingan benar-benar dirasakan oleh petani adalah dengan memberikan solusi permasalahan yang sedang dan selalu dihadapi petani disuatu wilayah,” ujar Dedi.

Penulis : Laila Mutia

 

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru