email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

BAPELTAN JAMBI KOMIT UNTUK DORONG HILIRISASI PERTANIAN GUNA MENSUKSESKAN PROGRAM AKSI KEMENTAN

Populer

Serpong, Oerban.com – Menteri Pertanian  (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, ada tiga program prioritas yang akan dijalankan kementerian pertanian (Kementan) dalam lima tahun kedepan.(27/02/2020)

Pertama, memperbaiki data pangan terintegrasi, kedua meningkatkan produksi dalam negeri dan mengurangi pangan, ketiga meningkatkan  ekspor hasil  pertanian untuk kesejahteraan petani dan Negara.

Pada saat ini Kementerian Pertanian serius mendorong hilirisasi produk pertanian guna  memperoleh nilai tambah produk pertanian.

Hal ini penting  karena kegiatan hilirisasi memiliki konstribusi penting dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Kegiatan hilirisasi berbasis produk pertanian saat ini belum maksimal mampu memanfaatkan peluang ekspor, menopang jutaan tenaga kerja. Oleh karena itu diperlukan  adanya upaya kegiatan revitalisasi  kegiatan sistem  komoditas pertanian  untuk dapat meningkatkan nilai tambah produk produk pertanian dan bisa menjadi peluang ekspor sebagaimana dicanangkan kementerian pertanian.

Kepala Pusat Pelatihan Bustanul Arifin Cahya saat memberikan arahan  pada acara koordinasi perencanaan pelatihan  yang di dilaksanakan pada tanggal 24-26 Februari.

Dikatakan bahwa mengotimalkan pelatihan hilirisasi akan menumbuhkan  pengusaha pertanian milenial dalam mendukung kegiatan konstratani.

Ditambahkan juga bahwa  optimalisasi pengawalan  dan pedampingan P4S dan Ikamaja sesuai  SK dalam upaya menumbuhkan pengusaha petani  milenial. Balai mulai menetapkan  minimal 10 P4S unggulan di wilayah binaannya untuk dapat menumbuhkan pengusaha pertanian  milenial dan didorong untuk menjadi P4S.

Pada acara tersebut di hadari oleh para widyaiswara dari 10 Balai UPT di bawah Badan Penyuluhan dan pengembangan SDM Pertanian, dimana  pada kegiatan tersebut berdiskusi tentang perkembangan pertanian kedepan yang arahnya akan ditekankan pada pasca panen dan pengolahan hasil pertanian.
Dalam kegiatan tersebut para widyaiswara juga berkunjung  ke mekanisasi BPP Mektan untuk melihat beberapa hasil  perekayasa BPP mektan seperti trasplanter, combine harvester.

Output kegiatan ini, para widyaiswara membuat paket pembelajaran pelatihan untuk membuat pelatihan hilirisasi yang akan dilaksanakan. Paket pembelajaran ini yang akan menjadi pedoman para widyaiswara nanti saat melakukan pelatihan  bagi SDM konstratani.

Baca juga  Buktikan Pertanian itu Keren, Petani Milenial ini Siap Kembangkan Pertanian Modern di Kepulauan Riau

Penulis: Puji Lestari
Editor: Renilda Pratiwi Yolandini

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru