email : [email protected]

23.5 C
Jambi City
Selasa, Maret 5, 2024
- Advertisement -

RUGI 18 TRILIUN, BOS PLN BUKA SUARA

Populer

Jakarta, Oerban.com – Sofyan Basir selaku Direktur Utama PT PLN (Persero) akhirnya buka suara mengenai kerugian yang mencapai Rp 18 triliun yang dialami perusahaannya.

Menurut informasi terbuka, Perusahaan Listrik Negara (PLN) hingga kuartal III-2018 mengalami kerugian sampai Rp 18,48 triliun. Catatan ini berbanding terbalik dengan periode yang sama di 2017 yang mana PLN berhasil mengantongi laba bersih sebesar Rp 3,05 triliun. Namun, Sofyan mengatakan rugi yang dimaksud ialah hanya rugi pembukuan atau belum menjadi beban bagi PLN.

“Bukan rugi riil, rugi pembukuan. Kan beda rugi usaha sama rugi keuangan, rugi usaha itu misalnya kita beli 10, juak 8, itu rugi dua,” kata Sofyan di Komplek Istana, Jakarta Pusat, Rabu (31/10/2018).

Kerugian dalam keuangan PLN pada kuartal III-2018, hanya karena selisih kurs pada utang dalam dolar Amerika Serikat (AS). Ia meyakinkan bahwa secara operasional BUMN listrik masih memiliki likuiditas yang kuat dan masih mendapat keuntungan.

“Yang tadi saya bilang rugi pembukuan itu kan ada kita punya utang misalnya utang dolar, hari ini kan nggak dieksekusi utangnya, nggak dilunasi kan cuma ada selisih kurs maka kita bukukan kerugian, kamu punya utang US$ 1 juta sekarang bayarnya 20 tahun lagi, waktu dolar naik utang kamu di kurs rupiah akan naik, tapi belum jadi beban, itu bedanya, jadi nggak perlu panik, jadi tidak riil,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kerugian pembukuan, Mantan Bos BRI ini telah melakukan reprofiling atau penyesuaian profil pinjaman jatuh tempo. PLN pun masih memiliki keuangan yang surplus.

“Kemarin dapat euro bond 7 tahun US$ 500 juta, US$ 500 juta lagi 10 tahun, US$500 juta lagi 30 tahun. Jadi kita dapat US$1,5 miliar buat memperpanjang atau reprofiling sehingga cashflow kita sangat kuat, dan likuiditas masih surplus sekitar US$500 juta, jadi keuangan PLN tidak memiliki masalah, kewajiban akan diselesaikan,” ungkapnya. (RPY)

Baca juga  Wakil Ketua DPD RI Dorong Batan dan PLN Kolaborasi Kembangkan Energi Nuklir

Dilansir dari www.detik.com.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru