SEBERAPA BESARKAH GENERASI MILENIAL MEMAKNAI SUMPAH PEMUDA

oleh

Oleh : Wicha Alvionita

Mungkin bagi mereka yang sudah dewasa masih mengingat bagaimana cerita perjuangan hingga pahlawan kita bisa melahirkan Hari Sumpah Pemuda. Tidak hanya cerita saja, di sekolah pun dalam pelajaran sejarah dikupas secara mendalam mengenai Sumpah Pemuda, bahkan isi dari Sumpah Pemuda itu wajib dihapalkan oleh setiap siswa.

Namun, nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan para pemuda 90 tahun yang lalu sudah tidak tergambarkan saat ini. Di era Reformasi ini, kita sering disuguhi permasalahan yang umumnya terjadi karena masalah yang seharusnya tidak harus dipermasalahkan. Nah, sebagai generasi millenial kita harus bisa memberikan solusi dan aksi nyata terhadap berbagai masalah. Kita harus bisa berpikir secara kritis dan logis dalam memutuskan jalan keluar dari setiap masalah, dan selalu utamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi sendiri.

Sebagai generasi millenial kita juga harus mampu menorehkan prestasi di setiap bidang baik akademis maupun non akademis, namun bila memang tidak bisa berprestasi setidaknya bisa jadi yang lebih baik daripada yang sebelumnya. Dan sebagai pemuda-pemudi Indonesia kita harus menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga. dan harus tepat dalam penggunaannya.

Di yakini generasi muda saat ini banyak yang tidak tahu jika kita menanyakan siapa saja tokoh yang terlibat pada sumpah pemuda 90 tahun yang lalu. Menyikapi permasalahan ini, sudah selayaknya kita meminta kepada kalangan generasi millenial agar nilai-nilai Sumpah Pemuda harus terus dihayati, dalam menghadapi berbagai persoalan nasional maupun internasional. Sumpah Pemuda diwujudkan untuk menyatukan satu rasa tanggung jawab dan kebersamaan pemuda untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan negara.

Oleh karena itu, generasi muda diminta untuk terus memegang kemurnian Sumpah Pemuda sebagai alat pemersatu Bangsa. Di sisi lain, sekolah juga harus ikut bertanggung jawab guna menjaga kemurnian Sumpah Pemuda, dengan mengamalkan sifat cinta Tanah Air.