email : [email protected]

26.6 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

SELAIN KOMODITAS PADI, PETANI BENER MERIAH MULAI KEMBANGKAN KOMODITAS TEBU

Populer

Bener Meriah, Oerban.com – Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi kembali mengadakan pelatihan tematik komoditi Padi dan Tebu di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Bener Meriah. Acara ini diadakan dalam rangka meningkatkan produksi petani agar bisa bersaing di era milenial. (05/05/2019)

Dalam pelatihan teknis tematik padi yang diadakan di Balai Penyuluhan Pertanian Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar pada tanggal 29 April – 01 Mei 2019 yang lalu dihadiri oleh sekretaris Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Aceh Besar, Balai Pelatihan Pertanian Jambi yang diwakili oleh Widyaiswara Ibu Drh. Linda Hadju, serta 30 orang Kelompok Wanita Tani se Kabupaten Aceh Besar.

Ibu – ibu KWT diberikan materi oleh Widyaiswara BPP Jambi tentang bagaimana cara persemaian benih yang baik, dosis pemupukan yang tepat, cara mengukur pH tanah dan bagaimana mengendalikan hama serta penyakit tanaman padi. Semua ibu – ibu merasa senang mengikuti pelatihan karena selama ini mereka hanya tahu teknis penanaman saja tanpa mengetahui ilmu dasar tentang budidaya padi yang baik dan benar. Harapan mereka semoga acara ini terus berkelanjutan setiap tahunnya sehingga dapat meningkatkan produksi padi ke depannya.

Sesi foto bersama sebelum menuju kelokasi praktek tematik [sumber photo : yudi]

Sementara itu, di Balai Penyuluh Pertanian Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah diadakan pelatihan teknis tematik tebu yang dimulai dari tanggal 2 – 4 Mei 2019. Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bener Meriah, Widyaiswara Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Drh. Linda Hadju dan 22 orang petani tebu ini menarik minat seluruh peserta pelatihan.

Pada kesempatan itu, petani diberi bekal mengenai pengolahan lahan, pengenalan varietas tanaman tebu, melakukan penanaman tebu yang baik dan benar serta bagaimana cara memelihara tanaman tebu. Petani berharap kedepannya mereka dapat diberi ilmu mengenai cara mengelola tebu menjadi komoditas gula serta bagaimana program pasca panen tanaman tebu. (TIM)

Baca juga  MESKI DALAM KONDISI PUASA, PESERTA PELATIHAN FUNGSIONAL PENYULUH TETAP ANTUSIAS
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru