email : [email protected]

25.9 C
Jambi City
Senin, Juli 15, 2024
- Advertisement -

Sirah Camp: Memperkenalkan Kehidupan Nabawiah dengan Cara Segar dan Menarik bagi Anak Muda

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Sirah Camp memberikan pendekatan inovatif untuk memperkenalkan kehidupan Rasulullah SAW kepada anak muda dengan cara yang menarik dan berbeda. Mereka tidak hanya menggunakan metode konvensional, tetapi juga mengintegrasikan pengalaman langsung melalui kegiatan luar ruangan yang seru, serta menyajikan pemahaman mendalam tentang kehidupan Rasulullah SAW, dilaksanakan di  SMAIT Nuril pada Minggu (23/6/2024).

Ruang Siroh adalah komunitas yang memberikan tempat bagi anak muda untuk belajar sejarah dan mengenal kehidupan Rasulullah. Mereka melakukan hal ini melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan salah satunya adalah Sirah Camp.

Founder Ruang Siroh, Wasril Tanjung mengatakan Sirah Camp ini merupakan sarana untuk memudahkan anak-anak muda untuk mengenal Sirah Nabawiah karena memang tadi bahwasannya anak-anak muda itu mungkin sulit untuk bisa mencerna bacaan buku yang tebal-tebal.

Buku siroh itu semuanya tebal, katanya, maka dengan adanya Sirah Camp ini kita membedah Sirah Nabawiah secara detail sehingga mereka tidak kesulitan dalam rangka untuk memahami.

Ia menjelaskan, beberapa referensi Sirah Nabawiah itu ada memasukkan topik-topik yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dibahas sehingga membuat orang-orang yang pemula ini menjadi sulit. Maka dengan adanya Sirah Nabawiah Camp ini sebenarnya untuk pemula untuk menampilkan Rasulullah SAW di hadapan mereka.

“Dengan adanya Sirah Nabawiah Camp ini kita berharap bahwasannya anak-anak muda itu punya opsi dalam rangka untuk ikut kajian yang tidak hanya ikut kajian tentang Alquran, tapi juga kajian tentang Sirah Nabawiah yang sifatnya segar. Jadi, kita tadi bungkus dengan kondisi yang segar. Ada kuisnya, lalu games, lalu materinya ada bentuk PowerPoint, buku bedah, papan tulis jadi memang tergambar betul sehingga dengan adanya agenda ini bisa menjadi alternatif lain untuk anak-anak muda mau tidak mau membahas sejarah,” ujar Wasril.

Baca juga  Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Pemuda Pertanian, Kementan dan Kemenpora Jalin Kerjasama

Wasril berharap dengan adanya Sirah Nabawiah Camp ini memantik anak-anak muda itu mau mempelajari Siroh Nabawiah.

Ia menyebut, alasan kenapa sempat disebutkan juga setiap hari kita membaca ihdina syurata mustaqim syurata lazim anta’alaihim (Ya Allah tunjukkanlah kami jalan lurus yaitu jalan orang-orang yang telah mengkaburi kenikmatan pada mereka). Nah, siapakah orang-orang yang diberikan nikmat itu? Yaitu sahabat nabi.

“Bagaimana mungkin kita pengen seperti mereka tapi kita gak mendalami orang-orang yang kita pengen ini. Maka Sirah Nabawiah Camp ini menjadi sarana, wadah untuk kita mengetahui bagaimana kan ciri-ciri orang-orang yang benar-benar diinginkan oleh Allah SWT.,” ungkapnya.

Editor: Ainun Afifah

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru