TIM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNJA LAKUKAN KEGIATAN PENGAYAAN MATERI OLIMPIADE MATEMATIKA SISWA DI SD ALAM AL FATH DAN JISc

oleh

Jambi, Oerban.com – TIM pengabdian kepada masyarakat yang dimotori oleh dosen Matematika dan Teknik Universitas Jambi (UNJA) mengadakan kegiatan dalam rangka pembinaan dan pengayaan materi olimpiade tingkat Sekolah Dasar (SD) di SD Alam Al Fath dan JISc Kota Jambi. (12/10/2018)

Acara ini berlangsung 2 hari dan diikuti oleh guru di SD Alam Al fath. Pelatihan berlangsung lancar dan guru terlihat semangat mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir.

Menurut Ketua tim pengabdian kepada masyarakat Rohati., SPd., M.Pd “bahwa kegiatan pengayaan materi olimpiade matematika untuk sekolah dasar ini merupakan kegiatan pembinaan sekolah dasar sehingga siswa bisa mengikuti lomba, festival dan olimpiade”.

Adapun olimpiade matematika dan sains adalah dalam rangka menyediakan suatu wahana kompetensi dalam bidang matematika dan ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD/ MI dan atau sederajat, sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam upaya komprehensif dalam penumbuhkembangkan budya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetensi ini dirancang sebagai kompetensi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas”, ungkap Rohati.

Kegiatan pelaksanaan pelatihan dan pengayaan yang dilaksanakan dari bulan April sampai Oktober 2018 bertempat di SD Al Fath dan SD Jambi Islamic School Kota Jambi berjalan dengan lancar, tertib dan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Semua peserta menyatakan mereka merasa terbantu dengan adanya pelatihan olimpiade Matematika. Secara umum penyelenggara kegiatan pelatihan ini memperoleh sambutan yang sangat antusias, baik ketika pelaksanaan survei berupa wawancara dan pertemuan langsung dengan guru dan siswa.

Sejauh ini tidak ada kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Lebih lanjut Rohati mengatakan sangat berterima kasih kepada KemenristekDIkti yang sudah memberkan bantuan dana sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan memberikan dampak positif pada pihak sekolah terutama untuk guru dan siswa. (TIM)