email : oerban.com@gmail.com

29.3 C
Jambi City
Kamis, Februari 9, 2023
- Advertisement -

Tim Pro Ide Tymac Unja Adakan Pelatihan Pembuatan Produk dari Pisang Kepok pada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Ibu PKK di Desa Batin

Populer

Batang Hari, Oerban.com – Program Inovasi Desa (Pro Ide) Desa Batin berasal dari organisasi kemahasiswaan The Young Moslems of Agriculture Club (Tymac) Fakultas Pertanian Universitas Jambi. Pro ide mengadakan pelatihan pembuatan produk olahan pisang kepok pada hari Senin, 31 Oktober 2022 kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan ibu – ibu PKK di Desa Batin. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di Posko Pro Ide Desa Batin, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari. Pelatihan ini dihadiri oleh perangkat desa, Kelompok Wanita Tani (KWT), ibu – ibu PKK serta masyarakat Desa Batin. Peserta dari kegiatan ini berjumlah 22 orang yang terdiri dari Kelompok Wanita Tani ( KWT) sebanyak 10 orang, 8 orang dari ibu – ibu PKK dan perangkat desa sebanyak 4 orang.

Kegiatan pelatihan pembuatan produk ini merupakan salah satu program utama dari tim Pro Ide Tymac, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka melatih Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Ibu – ibu PKK agar dapat mengolah pisang kepok menjadi produk yang dapat memberikan keuntungan nilai ekonomis yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan pendapatan Kelompok Wanita Tani ( KWT) dan ibu – ibu PKK. Produk yang di olah antara lain jantung pisang kepok dijadikan dendeng dan buah pisang di jadikan keripik aneka rasa. Pelatihan ini di buat karena kebingungan kelompok wanita tani (KWT) dan ibu – ibu PKK melihat hasil panen pisang yang melimpah dan ketidaktahuan kelompok wanita tani ( KWT) dan ibu – ibu PKK dalam mengolahnya.

Gambar Produk dari tim Pro Ide Tymac Universitas Jambi

“Semoga dengan adanya pelatihan pembuatan produk ini dapat menjadi solusi kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan ibu – ibu PKK untuk dapat mengolah hasil panen pisang dengan baik dan tidak bingung lagi dalam mengolahnya. Sehingga nantinya Kelompok Wanita Tani (KWT) dan ibu – ibu PKK yang ada di Desa Batin mampu menjadi sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan kreatif serta memiliki jiwa wirausaha” ungkap Prasetio, Ketua Pro Ide Tymac.

Baca juga  MILENIAL CERDAS, PILIH SYARIAH

Pelatihan pembuatan produk ini harapannya bukan sampai disini. Setelah melaksanakan pelatihan ini, Tim Pro ide Tymac berdiskusi dengan Kelompok Wanita Tani ( KWT) dan ibu – ibu PKK terkait pembentukan tim produksi. Setelah terbentuknya tim produksi selanjutnya tim Pro-ide Tymac akan berdiskusi dengan Kepala Desa beserta Perangkat Desa mengenai rumah produksi dan pendirian kelompok UMKM baru di Desa Batin, serta penyerahan peralatan dan resep produk kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan ibu – ibu PKK di Desa Batin.

Harapannya Produk Dendeng dari Jantung pisang dan kripik aneka rasa dari komoditi pisang kepok ini akan menjadi ikon desa batin nantinya dan akan terbentuk UMKM baru, agar nantinya produk ini di pasarkan dengan baik serta meningkatkan kesejahteraan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan ibu – ibu PKK di Desa Batin.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru