email : [email protected]

33.2 C
Jambi City
Selasa, Mei 21, 2024
- Advertisement -

Tingkatkan Kemampuan Dasar Penyuluh, Kementan Gelar Pelatihan Dasar Fungsional Penyuluh Pertanian Ahli dan Terampil

Populer

Oerban.com – Sebagai garda terdepan dalam mengawal gerak langkah petani menuju gerbang kesejahteraan, peran seorang penyuluh pertanian sangat penting. Penguatan kapasitas penyuluh pertanian sebagai salah satu sumber daya manusia pertanian yang harus ditingkatkan.

Penyuluh menjadi ujung tombak sebagai garda terdepan untuk mendampingi petani agar produksi pertanian dapat tetap pangan bagi seluruh masyarakat. Itu yang selalu digaungkan oleh Menteri Pertanian pada berbagai kesempatan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDMPertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, yang mengatakan bahwa penyuluh mesti memberikan kemampuan terbaiknya dalam memberikan pendampingan dan pengawalan petani langsung di lapangan.

Ini menguatkan bahwa seorang penyuluh pertanian mesti dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung tugas tersebut, selain kemampuan teknis tentunya.

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi merupakan salah satu instansi untuk melaksanakan pelatihan teknis, Fungsional dan kewiraushaan di bidang pertanian bagi aparatur dan non Aparatur. Pada Tanggal 14 Mei 2024 membuka pelatihan Dasar penyuluh Ahli dan Terampil masing-masing 30 orang yang meliputi wilayah kerja Bapeltan Jambi.

Pelatihan ini bertujuan untuk membangun landasan dalam pelaksanaan tugas penyuluh pertanian, menyamakan persepsi terhadap tugas dan fungsi, organisasi, tata kerja dan tata hubungan kerja penyuluh, memberikan wawasan berpikir secara komperhensif, meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta profesionalisme penyuluh pertanian.

Pembukaan langsung dihadiri oleh Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi Sugeng Mulyono, Kasubag Tata Usaha, Ketua Tim Ker Penyelenggaran Pelatihan, Layanan Konsultasi dan Pengelolaan Inkubator Agribisnis, Ketua Tim Kerja Program, Evaluasi dan Kerja sama dan para widyaiswara Bapeltan Jambi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi menyampaikan bahwa pelatihan ini harus diikuti serius oleh para penyuluh dan jangan dianggap hanya formal saja beliau juga menambahkan pelatihan dasar ini merupakan kebutuhan dasar bagi penyuluh.

Baca juga  Lapas Kelas II A Jambi kembali Tanda Tangani perjanjian kerjasama dengan Bapeltan Jambi

Pelatihan dasar bagi penyuluh ini diselenggarakan dari tanggal 15 Mei s.d 04 Juni 2024 , dengan fasilitator widyaiswara Bapeltan Jambi, Pelatihan ini dijadwalkan juga mengundang narasumber Pusat Pelatihan Pertanian, Pusat Penyuluhan Pertanian. (Puji Lestari)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru