email : oerban.com@gmail.com

25.1 C
Jambi City
Senin, Desember 4, 2023
- Advertisement -

UE Setujui Undang-undang Pembatasan Emisi Metana pada Impor Minyak dan Gas Eropa

Populer

Oerban.com – Uni Eropa (UE) pada hari Rabu mencapai kesepakatan mengenai undang-undang yang menetapkan batas emisi metana pada impor minyak dan gas Eropa mulai tahun 2030, sehingga menekan pemasok internasional untuk menekan kebocoran gas rumah kaca yang berpotensi terjadi.

Metana merupakan penyebab perubahan iklim terbesar kedua setelah karbon dioksida, dan dalam jangka pendek mempunyai dampak pemanasan yang jauh lebih besar. Pengurangan emisi metana secara cepat pada dekade ini sangat penting jika dunia ingin menghindari perubahan iklim yang parah.

Setelah perundingan semalaman, para perunding dari negara-negara anggota UE dan Parlemen Eropa sepakat untuk memberlakukan “nilai intensitas metana maksimum” pada tahun 2030 pada produsen di luar negeri yang mengirimkan bahan bakar fosil ke Eropa, kata dewan UE, yang mewakili negara-negara anggota, dalam sebuah pernyataan. .

Aturan impor tersebut kemungkinan besar akan berdampak pada pemasok gas utama, termasuk AS, Aljazair, dan Rusia. Moskow memangkas pasokan gas ke Eropa tahun lalu dan sejak itu posisinya sebagai pemasok gas pipa terbesar di Eropa digantikan oleh Norwegia, yang pasokannya termasuk yang memiliki intensitas metana terendah di dunia.

ÔÇťAkhirnya, UE mengatasi gas rumah kaca terpenting kedua dengan langkah-langkah ambisius,ÔÇŁ kata Jutta Paulus, salah satu negosiator utama Parlemen UE, seraya menambahkan bahwa undang-undang tersebut ÔÇťakan berdampak di seluruh dunia.ÔÇŁ

Paulus mengatakan kepada wartawan bahwa para importir akan menghadapi sanksi finansial jika mereka membeli dari pemasok asing yang tidak mematuhi batasan tersebut ÔÇô yang secara efektif mengenakan biaya pada bahan bakar yang tidak memenuhi syarat.

Standar metana akan diwajibkan untuk kontrak pasokan yang ditandatangani setelah undang-undang tersebut mulai berlaku, kemungkinan besar pada akhir tahun ini, setelah Parlemen Eropa dan negara-negara UE memberikan persetujuan akhir.

Baca juga  AS Keluarkan Dana 4 M untuk Listrik Pelabuhan dan Mengurangi Emisi

Langkah tersebut biasanya merupakan formalitas yang diwujudkan melalui kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya.

Batas pasti emisi metana Uni Eropa akan ditetapkan oleh Komisi Eropa sebelum peraturan ini diterapkan.

Metana terlepas ke atmosfer dari kebocoran pipa dan infrastruktur di ladang minyak dan gas.

Peraturan ini juga memperkenalkan persyaratan baru bagi sektor minyak, gas, dan batu bara untuk mengukur, melaporkan, dan memverifikasi emisi metana.

Kesepakatan tersebut mewajibkan produsen minyak dan gas di Eropa untuk secara rutin memeriksa dan memperbaiki kebocoran gas rumah kaca yang berpotensi terjadi di operasi mereka.

Peraturan ini juga melarang sebagian besar kasus flaring dan venting, yaitu ketika perusahaan dengan sengaja membakar atau melepaskan metana yang tidak diinginkan ke atmosfer, mulai tahun 2025 atau 2027, tergantung pada jenis infrastrukturnya.

Sumber: Daily Sabah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru