email : oerban.com@gmail.com

23.6 C
Jambi City
Kamis, Februari 9, 2023
- Advertisement -

Uni Eropa Ucapkan Terimakasih Atas Peran Turki dalam Masalah Ekspor Gandum Ukraina

Populer

Istanbul, Oerban.com – Uni Eropa berterima kasih kepada Türki atas perannya dalam menguatkan kembali perjanjian masa perang yang memungkinkan biji-bijian Ukraina dan komoditas lainnya dikirim ke pasar dunia sejak invasi Rusia, kata seorang diplomat UE pada hari Sabtu.

Rusia menangguhkan partisipasinya di koridor biji-bijian Laut Hitam yang aman pada akhir Oktober tetapi bergabung kembali empat hari setelahnya, meredakan kekhawatiran gangguan lebih lanjut terhadap ekspor biji-bijian dari pemasok utama Ukraina pada saat inflasi pangan global merajalela.

Dimulainya kembali kesepakatan Rusia pada 2 November mengikuti mediasi dari Türkiye, yang juga membantu menengahi kesepakatan bersama PBB pada bulan Juli.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borell bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlüt avuşoğlu di sela-sela Forum Sir Bani Yas yang diadakan di ibu kota Uni Emirat Arab (UEA), Abu Dhabi.

“Bertemu Mevlut Cavusoglu di UAE, saya berterima kasih kepadanya atas peran Türki dalam menegakkan Inisiatif Butir Laut Hitam, untuk mencegah makanan menjadi senjata dan untuk mengatasi krisis pangan global,” kata Borrell di Twitter.

avuşoğlu mengatakan kedua diplomat membahas perkembangan regional termasuk Ukraina dan Mediterania Timur.

Presiden Vladimir Putin telah mencadangkan hak Rusia untuk menghentikan kesepakatan biji-bijian lagi, sementara Sekjen PBB Antonio Guterres mendorong Moskow untuk setuju untuk memperpanjang pakta di luar yang dijadwalkan berakhir pada 19 November.

Moskow mengatakan persetujuannya untuk memperpanjang pakta itu tergantung pada dukungan untuk ekspor biji-bijian dan pupuknya sendiri. Rusia adalah produsen pertanian utama dan pengekspor gandum terbesar di dunia.

Rusia mengatakan sanksi yang dijatuhkan setelah dimulainya apa yang disebutnya operasi militer khusus di Ukraina mempersulit pedagang biji-bijian dan pupuk Rusia untuk memproses pembayaran dan mengakses kapal, asuransi, dan pelabuhan, meskipun makanan dikecualikan.

PBB mengatakan tetap berkomitmen untuk menghilangkan hambatan yang tersisa untuk ekspor makanan dan pupuk Rusia.

Ukraina, yang pengirimannya ke pasar global terhalang oleh konflik dan kendali Rusia atas perairan Laut Hitam hingga Juli, adalah salah satu pemasok biji-bijian, minyak sayur, dan minyak nabati terbesar.

Sumber : Daily Sabah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru