email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

UPT Kementan di Jambi Gelar Pelatihan Teknis Budidaya Hortikultura Guna Tingkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Petani

Populer

Merangin, Oerban.com – Balai Pelatihan Pertanian Jambi sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian melaksanakan Pelatihan Teknis Budidaya Hortikultura (Komoditas Cabai) Bagi Non Aparatur. Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan non aparatur  mengenai budidaya tanaman cabai sehingga dapat diterapkan  dan di tularkan pada kelompok tani.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pinang Merah yang merupakan salah satu desa potensi tanaman hortikultura yang berada di Kecamatan Pamenang Barat, Kabupaten Merangin di mana sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani. Tanaman Cabai Merah merupakan tanaman unggulan nasional, salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di desa ini. Dalam melakukan budidaya, petani banyak menemukan kendala sehingga menurunkan kualitas dan hasil panen. Hal ini dirasa sangat merugikan para petani.

Baca juga: Tingkatkan Kapasitas Pelaku Usaha Hortikultura, P4S Kementan Jadi Narasumber Kegiatan Bimtek di Jambi | OERBAN.COM

Dalam kegiatan pembukaan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Slamet Sudarso),  Kepala UPTD Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Merangin (Sunarto), Tim Kerja Penyelenggaraan Pelatihan, Layanan Konsultasi dan Pengelolaan Inkubator Agribisnis Bapeltan Jambi (Hidayat), Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Pemenang Barat (Iput Kurniawan) Widyaiswara Bapeltan Jambi (Syukur), Ketua P4S Karya Tani (Dedi Wiarsa) yang didapuk sebagai salah satu narasumber serta segenap penyuluh pertanian lapangan (PPL) Wilayah Kerja BPP Pamenang Barat.

Baca juga: Kembangkan Potensi Hortikultura dalam Mendiversifikasi Pendapatan, Petani Muaro Jambi Lakukan Budiaya Terong | OERBAN.COM

Baca juga: Kunjungan Kerja  Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pelalawan di Bapeltan Jambi | OERBAN.COM

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Slamet Sukarso mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapeltan Jambi yang telah mempercayakan Kabupaten Merangin sebagai tempat dilaksanakannya pelatihan. Beliau berharap jangan sampai terjadi kenaikan harga cabai yang menyebabkan kenaikan inflasi khususnya di Kabupaten Merangin. Kadis juga mengharapkan peserta bisa saling membagi ilmu, saling diskusi dalam pemecahan permasalahan yang terjadi di lapangan dan dapat di implementasikan minimal dengan memanfaatkan lahan pekarangan.

Baca juga  DUKUNG KETAHANAN PANGAN, BAPELTAN JAMBI TUNJUKKAN KONTRIBUSI DAN PRESTASI DALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS VARIETAS PADI SRI MENGUNING DI KOTA SUNGAI PENUH

Tim Kerja Penyelenggaraan Pelatihan, Layanan Konsultasi dan Pengelolaan Inkubator Agribisnis Bapeltan Jambi, Hidayat yang mewakili Kepala Bapeltan Jambi mengatakan bahwa Bapeltan Jambi sebagai lembaga pelatihan meneruskan program dari Direktoran Jendral Hortikultura untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia mengenai tanaman hortikultura khususnya tanaman cabai. Untuk itu peserta harus serius mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir.

Sementara itu Koordinator BPP Pemenang Barat, Iput Kurniawan mengatakan dengan terselenggaranya Pelatihan Teknis Budidaya Hortikultura Bagi Non Aparatur ini diharapkan hasilnya nanti dapat diterapkan pada kelompoknya masing-masing.(*)

Editor: Ainun Afifah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru