email : oerban.com@gmail.com

25.7 C
Jambi City
Selasa, Agustus 9, 2022
- Advertisement -

Wujudkan Instruksi Presiden, SMK 5 Muaro Jambi Silaturahmi dengan UPT Kementerian Pertanian

Populer

swarnahttps://www.oerban.com
tulisan yang berkualitas akan menjadi lentera di gelapnya jalan kehidupan

Muaro Jambi, Oerban.com – SMK Negeri 3 Muaro Jambi melakukan silaturahmi dengan salah satu UPT Pelatihan Kementerian Pertanian yaitu Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi. Ikut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Kepala Sekolah SMK 3 Negeri Muaro Jambi (Sri Darmayanti), Program Agrobisnis Tanaman Pangan Hortikultura (Bestie dan Rita) serta Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bapeltan Jambi.

Kepala Sekolah SMK 3 Negeri Muaro Jambi Sri Darmayanti menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan mereka. “Kami hadir disini terkait Instruksi Presiden tentang revitalisasi SMK bahwa SMK itu harus bermitra dengan industri dimana bermitra dengan industri itu tidak hanya sebatas tempat magang siswa namun harus lebih dalam lagi dalam artian kami mengajukan usulan utuk magang guru dan mendatangkan guru tamu dari industri ke SMK. Jikalau memungkinkan perekrutan alumni seandainya di industri tersebut membutuhkan tenaga kerja dari SMK,” jelasnya.

Sri juga berharap Sekolahnya bisa menjadi salah satu SMK – PK terpilih dari Dirjen Vokasi Kementerian Pendidikan. “Kami juga ingin menjadikan SMK Negeri 3 sebagai Pusat Keunggulan (SMK-PK) yang akan diseleksi oleh dari Dirjen Vokasi pada tahun 2023 nanti. Kami ingin mengundang Bapak/Ibu disini memberikan materi terhadap siswa karena dari Dirjen Vokasi sekarang minimal 50 jam per semester itu harus mendatangkan guru tamu ke sekolah sehingga anak – anak itu terbiasa dengan dunia industri. Ada juga program magang guru dimana seandainya guru kami magang disini bisa mendapatkan semacam uji sertifikasi dan uji kelayakan dari industri, begitu juga dengan siswa. Karena itu syarat – syarat yag menjadi prioritas untuk bisa lolos seleksi di SMK – PK. Selain itu juga gimana bisa mengaktifkan teaching factory di Sekolah karena kami mempunyai lahan yang bisa berbuat banyak untuk menjadi hasil sekolah yang dimasukkan dalam unit produksi dan nilai tambah bagi sekolah, misalnya lahan pertanian jamur dan hidroponik,” harap Kepala Sekolah.

Sementara itu Kepala Bapeltan Jambi yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Ngasiran mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Muaro Jambi. “Kami berterima kasih atas kunjungan Kepala Sekolah. Semoga kedepan bisa menjalin kerjasama dengan kami,” kata beliau.

Kegiatan ini sejalan dengan pernyataan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang menuturkan bahwa menjadi negara maju maka hal utama yang perlu ditingkatkan adalah SDM-Nya. Guna mendukung hal itu, perlu dilakukan pemantapan pendidikan vokasi pertanian untuk mencetak lulusan berkualitas sebagai job seeker, job creator dan wirausahawan pertanian millenial.

Penulis : Ferdinal

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru