email : oerban.com@gmail.com

28.7 C
Jambi City
Jumat, Desember 1, 2023
- Advertisement -

Zelensky Peringatkan Uni Eropa akan Dampak Musim Dingin

Populer

Kiev, Oerban.com – Para pemimpin Eropa berusaha untuk mengurangi dampak harga energi yang tinggi di seluruh benua setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperingatkan tentang musim dingin yang sulit, bahkan ketika ia melaporkan keuntungan perang dalam serangan balasan terhadap tentara Rusia.

Dalam pidato malam Minggu, Zelenskyy berterima kasih kepada pasukannya karena telah mengambil dua pemukiman di selatan dan yang ketiga, bersama dengan wilayah tambahan, di timur, dengan mengutip “laporan bagus” dari komandan militer dan kepala intelijennya.

Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala kantor kepresidenan, sebelumnya memposting gambar tentara mengibarkan bendera Ukraina di atas sebuah desa yang katanya berada di wilayah selatan yang menjadi fokus utama serangan balasan.

“Vysokopillya. Wilayah Kherson. Ukraina. Hari ini,” tulis Tymoshenko di Facebook di atas foto tiga tentara di atas atap, salah satunya memasang bendera Ukraina di sebuah tiang.

Ukraina memulai serangan balasan pekan lalu yang menargetkan selatan, khususnya wilayah Kherson, yang direbut Rusia pada awal konflik.

Setelah penembakan intensif pasukan Ukraina terhadap kelompok pasukan Rusia di wilayah tersebut, Rusia telah melarang pergerakan penduduk, melarang mereka untuk menyeberangi Sungai Dnipro, staf umum Ukraina mengatakan pada hari Senin.

Rusia telah meluncurkan 25 serangan rudal, dan lebih dari 22 serangan udara, terhadap sasaran militer dan sipil di Ukraina dalam 24 jam terakhir, tambah pernyataan itu, dengan tetap fokus untuk membangun kendali penuh atas wilayah Donetsk.

Pernyataan Zelenskyy datang sehari setelah dia memperingatkan Eropa bahwa Rusia sedang mempersiapkan “pukulan energi yang menentukan” selama bulan-bulan dingin di depan.

Moskow telah mengutip sanksi Barat dan masalah teknis untuk gangguan energi. Negara-negara Eropa, yang telah mendukung Kyiv dengan dukungan diplomatik dan militer, menuduh Rusia mempersenjatai pasokan energi.

Baca juga  Konflik Rusia Ukraina Bakal Berakhir di Turki

Beberapa analis mengatakan kekurangan dan lonjakan biaya hidup saat musim dingin mendekati risiko melemahkan dukungan Barat untuk Kyiv ketika pemerintah mencoba menenangkan populasi yang tidak puas.

Pekan lalu Moskow mengatakan akan mempertahankan penutupan pipa Nord Stream 1, saluran gas utamanya ke Jerman, sementara negara-negara G-7 mengumumkan rencana pembatasan harga pada ekspor minyak Rusia.

Kremlin mengatakan akan berhenti menjual minyak ke negara-negara yang mengadopsi pembatasan tersebut.

Kanselir Jerman Olaf Scholz hari Minggu mengatakan pemerintahnya telah merencanakan penghentian total pengiriman gas pada Desember, menjanjikan langkah-langkah untuk menurunkan harga dan mengikat manfaat sosial dengan inflasi.

“Rusia bukan lagi mitra energi yang dapat diandalkan,” kata Scholz dalam konferensi pers di Berlin.

Sebagai tanggapan, mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menuduh Jerman sebagai musuh Rusia. “Dengan kata lain, itu telah mendeklarasikan perang hibrida terhadap Rusia,” katanya.

Pada hari Minggu, Finlandia dan Swedia mengumumkan rencana untuk menawarkan miliaran dolar kepada perusahaan listrik untuk menghindari ancaman kebangkrutan di tengah krisis.

Secara terpisah, Kedutaan Besar AS di Moskow mengatakan John Sullivan, duta besar yang ditunjuk oleh mantan Presiden AS Donald Trump pada 2019, telah meninggalkan jabatannya dan akan pensiun. Seorang pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan Sullivan telah menjalani tur yang khas.

Perhatikan Zaporizhzhia
Pihak berwenang Rusia mengatakan situasi tenang di sekitar pembangkit nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Rusia di Ukraina selatan setelah inspektur PBB mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka kembali kehilangan daya eksternal.

Tiga ledakan kuat terdengar di Energodar, kota yang terikat jam malam di mana pabrik itu berada, tetapi tidak ada rincian kerusakan dan korban, kata kantor berita resmi Rusia, Tass, Senin.

Baca juga  Korea Selatan akan Sediakan Lebih Banyak Ranjau untuk Ukraina

Pasukan Ukraina melakukan dua upaya untuk mengerahkan tim penyerang di sekitar kota, katanya, menambahkan bahwa mereka menggunakan drone, artileri berat dan sistem peluncuran roket.

Saluran listrik eksternal utama terakhir terputus, meskipun saluran cadangan tetap menyediakan pasokan listrik ke jaringan, kata Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Hanya satu dari enam reaktor yang tetap beroperasi, katanya.

Pasukan Rusia merebut pabrik itu tak lama setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pasukannya melintasi perbatasan pada 24 Februari. Pabrik itu telah menjadi titik fokus konflik. Masing-masing pihak saling menyalahkan atas penembakan yang menimbulkan kekhawatiran akan bencana nuklir.

Vladimir Rogov, seorang pejabat pro-Rusia di wilayah Zaporizhzhia, mengatakan kepada radio Komsomolskaya Pravda bahwa tidak ada penembakan atau serangan dan bahwa para ahli IAEA diharapkan bekerja di pabrik itu setidaknya sampai Senin.

Pekan lalu misi IAEA mengunjungi pabrik, yang masih dioperasikan oleh staf Ukraina, dan beberapa ahli telah tinggal di sana menunggu rilis laporan IAEA.

Rusia telah menolak seruan internasional untuk mendemiliterisasi wilayah tersebut.

Di medan pertempuran lainnya, saluran Telegram Ukraina melaporkan ledakan di jembatan Antonivsky dekat kota Kherson, yang diduduki oleh pasukan Rusia.

Rudal Ukraina telah merusak jembatan itu selama beberapa minggu terakhir, tetapi pasukan Rusia berusaha memperbaikinya atau mendirikan penyeberangan ponton atau tongkang untuk menjaga pasokan ke unit mereka di tepi kanan Sungai Dnipro.

Sumber : Daily Sabah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru