4 MAKANAN SEHAT INI TERNYATA BERBAHAYA

oleh

Muaro Jambi, Oerban.com – ”Sehat itu mahal”, itulah selogan yang sering kita dengar dikalangan masyarakat. Untuk menjaga kesehatan, biasanya banyak orang menjaga pola makan dan juga pola hidupnya. Hidup sehat itu bukan pilihan, tapi kewajiban. Asupan makanan sehat juga sangat berpengaruh besar untuk kesehatan.

Jika tubuh dalam kondisi sehat, maka dapat melakukan aktivitas dengan lancar. Hidup sehat salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dan tentunya mengonsumsi makanan sehat, seperti 4 sehat 5 sempurna.

Perlu diketahui, ternyata tidak semua makanan itu sehat, ada beberapa makanan jika salah dikonsumsi akan berbahaya bagi tubuh kita. Berikut 4 makanan yang dikira sehat ternyata tidak sehat dan membahayakan tubuh.

1. Kecambah atau toge

Makanan sehat tapi ternyata berbahaya yang pertama ialah kecambah atau toge. Siapa sangka ternyata toge dapat membahayakan tubuh jika salah memprosesnya. Toge adalah sayuran yang sering kamu temukan di hidangan masakan Indonesia, biasanya toge disajikan sebagai bahan campuran dari ketoprak atau sebagai lalapan. Toge yang terkenal banyak mengandung gizi dan bermanfaat untuk tubuh manusia di antaranya protein, karbohidrat, seng, potasium, asam folat, fosfor, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Tetapi ternyata toge yang tidak dicuci dengan bersih sangat rentan terkontaminasi bakteri.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, toge tumbuh di wilayah lembab dan hangat, yang merupakan tempat favorit berkembangnya bakteri seperti salmonella dan E.coli. Jadi kalo kamu suka toge, harap dicuci bersih dulu sebelum mengonsumsinya.

2. Susu Kedelai
Susu kedelai adalah alternatif santapan untuk mereka yang tidak bisa mengonsumsi protein hewani. Makanan sehat ini juga biasanya dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan susu kedelai lebih rendah kolesterol dan tinggi potasium serta protein. Tapi ternyata susu kedelai tidak selamanya sehat terutama jika susu kedelai ditambahi beragam rasa. Jadi jika kita ingin mengosumsi susu kedelai, lebih baik dikonsumsi secara alami tanpa ditambahkan dengan rasa yang lain.

3. Buah Kering
Buah merupakan makanan sehat dan aman untuk dikonsumsi. Tapi juga harus pintar memilah dan memilih buah segar yang masih layak untuk dikonsumsi. Jangan coba-coba untuk mengonsumsi buah kering. Bentuk buah kering yang lebih kecil dari buah aslinya bisa bikin kamu cenderung mengonsumsinya secara berlebihan. Padahal buah kering juga mengandung fruktosa yang bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah. Jadi lebih baik mengkonsumsi buah segar karena lebih aman dan kaya akan vitamin.

4. Parfait
Parfait adalah hidangan pencuci mulut yang berasal dari Perancis yang lagi digemari banyak orang. Parfait yang terbuat dari kombinasi yoghurt, granola atau oats, dan buah segar, parfait ternyata juga tidak terlalu sehat bagi tubuh. Parfait ini lebih sehat jika buat di rumah, bukan dibeli di restoran atau kafe. Hal ini dikarenakan parfait yang dibeli di restoran biasanya disajikan dengan tambahan perasa dan bahan-bahan lainnya yang justru mengurangi nilai kesehatan makanan ini.

Itulah beberapa makanan yang berbahaya bagi tubuh jika salah dikonsumsi. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kepekaan kita terhadap gaya hidup sehat. (RPY)