MENGALAHKAN DIRI SENDIRI

oleh

Oleh : Acisaibul

Banyaknya pelanggaran yang terjadi pada diri kita, berawal dari kita yang selalu memberi tolerasi kepada diri kita yang terlalu banyak. Mengakibat diri tidak terbiasa disiplin dan selalu ingin dimaklumi disetiap kondisi. Hal ini sangatlah tidk bagus dan sangat tidak baik untuk diri kita, karena akan membawa kebiasaan buruk dalam diri dalam hari hari kita.

Karena yang dilawan adalah diri sendiri, maka sering kali Kita memberikan maklum dan pemaafan yang tidak seharusnya. Seperti contoh, saat Kita menganggap biasa kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan, maka terus menerus Kita akan merasa hal tersebut bukanlah suatu kesalahan. Tidak disiplin misalnya, awalnya bagi yang tidak disiplin tidak dapat mengalahkan diri sendiri untuk disiplin. “Sesekali bolehlah! Jangan terlalu kaku betul” dan bermacam alasan lainnya yang pada akhirnya dimaklumi dan menjadi kebiasaan.

Banyak contoh yang bisa kita ambil disekeliling kita, orang yang kerja diperusahaan minsalnya., atau seorang guru. Kalaulah di kondisi ini kita tidak bisa disiplin dan tidak mau banyak belajar dari orang yang sebelum kita, tentunya kita tidak bisa mendi pribadi yang baik dilingkungan kita sendiri. Banyak target yang tidak tercapai, datang selalu terlambat, pekerjaan yang terbangkalai dll.itu semua membuat kita tidak dihargai,disisihkan,atau yang lainnya. Karena kita tidak bisa bekerja dengan baik dan disiplin, apalagi menjadi teladan bagi yang lain.
Atau kita selalu merasa diri kita tidak bisa dan tidak pantas untuk melakukan hal yang di percayakan kepada kita.