BATAS PELAMAR TES CPNS MALAM INI PUKUL 23.59

oleh

Jambi, Oerban.com – Pendaftaran menjadi pegawai negeri sipil (PNS) masih berlansung sampai batas waktu yang ditentukan yakni Senin, (15/10/2018) pukul 23.59 malam nanti.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang dilansir oleh laman Kompas.com sampai Minggu (14/10/2018) pukul 17.10 wib total yang sudah melamr menjadi calon PNS pada website SSCN sebanyak 4.349.780 orang.

Dari 4.349.780 orang tersebut baru 3.213.015 orang yang sudah menyerahkan berkas-berkas yang disyaratkan untuk mejadi calon pegawi negeri sipil.
Bagi yang belum melakukan pendaftaran namun berkeinginan menjadi pegawai negeri sipil.

Hal yang pertama harus kamu pastikan adalah cek foto diri. Pendaftaran PNS kali ini berbeda dari pendaftaran PNS sebelumnya. Setidaknya pelamar harus mengupload foto sebanyak dua kali. Foto peratama adalah foto yang digunakan untuk berkas informasi SSCN. Kedua, adalah swafoto.

Berdasarkan informasi SSCN swafoto adalah foto pelamar CPNS yang memegang kartu identitas diri dan kartu informsi akun SSCN.

Pastikan pelamar tidak lupa mengupload kedua foto tersebut. Jika telah berhasil diupload langkah selanjutnya adalah upload toefel.

Para pelamar harus memastikan bahwa nilai TOEFL yang dimilikinya telah memnuhi syarat TOEFL yang diminta oleh kementerian yang ingin pelamar tuju.

Beberapa pihak kementerian/lembaga/daerah telah menetapkan standar TOEFL nya masing-masing.

Seperti Kementerian ESDM, BKN, Kementerian PUPR dan Kemenpan RB menetapkan skor TOEFL minimal 450. Lalu Kementerian Luar Negeri menetapkan skor TOEFL sebesar 550. Untuk Kementerian BUMN menetapkan 3(tiga) tipe skor TOEFL, yakni TOEFL Paper minimal skor 450, CBT minimal skor 150, dan IBT minimal 53. Dan jangan lupa cek tanggal penerbitan sertifikat TOEFL pastikan itu tanggal terbaru.

Selesai mengupload TOEFL tersebut langsung cek berkas. Pastikan berkas pelamar tidak corrupt . berkas yang tidak corrupt berarti berkas itu aman dan berhasil diupload. Namun jika file corrupt maka pelamar harus mengulangi kembali mengupload berkas.

Menurut Kepala Biro Humas BKN corrupt dapat terjadi karena koneksi internet yang terganggu.

“Mungkin ketika proses upload tidak sempurna, koneksi internet pelamar tiba-tiba mati, dan yang lain,” jelas Kepala Biro Badan Kepegawaian Negara.

Jangan lewatkan kesempatan baik ini mungkin pembaca adalah salah seorang yang beruntung untuk menjadi abdi negara ini.

Pihak BKN hanya membuka pendaftaran CPNS 2018 terintegritas melalui portal SSCN, sscn.bkn.go.id. Pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi dari K/L/D untuk CPNS kali ini. (LIA)