email : [email protected]

33.1 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

BPP JAMBI LAUNCHING KSTM DI KABUPATEN BUNGO

Populer

Muaro Bungo, Oerban.com – Setelah dilakukan Bimtek untuk 5 KSTM Kabupaten Bungo pada tanggal 8-9 April Di Kampus BPP Jambi, Kabupaten Bungo merupakan Kabupaten pertama yang mendapatkan bantuan Ayam Buras, pakan dan obat-obatan. Kegiatan Launcing Perdana Peningkatan Kompetensi Dalam rangka penumbuhan KSTM diadakan di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah, Kec Muko-Muko Bathin VII, Bungo, Jambi. Kegiatan ini dihadiri oleh 300 orang yang terdiri dari ketua dan anggota dari 5 KSTM yaitu KSTM Tarbiyah Makmur, Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah, KSTM Tunai Binjai, Pondok pesantren Qirotul Quran, KSTM Tirta Pasai, Pondok Pesantren Al-Ikhlas, KSTM Harapan Jaya, Pondok Pesantren Al-Kautsar, KSTM Kara Maju, Pondok Pesantren AL-Kautsar, Pengurus Pondok Pesantren, Perangkat Desa, santriwan/i, serta masyarakat Kec Muko-Muko Bathin VII. Selain itu kegiatan ini dihadiri oleh oleh Bupati Bungo yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bapak Ir. H. Harmaji, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bungo, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bungo, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo, Perkopida Kabupaten Bungo, Camat Muko-Muko Bathin VII, Pimpinan Ponpes, Ketua BPD, Kapolsek Muko-muko Bathin VII, KUA Muko-muko Bathin VII.

Program Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) dibidang pertanian yang dicanangkan Kementerian Pertanian tahun 2019 ini bertujuan untuk menarik minat generasi milenial di lingkungan pondok pesantren agar mau menekuni dunia pertanian sehingga tumbuh kemandirian saat nanti terjun ke masyarakat Program ini berupa bantuan paket budidaya ayam BURAS untuk setiap KSTM, yaitu: 500 ekor ayam kampung yang diberikan jenis JOPER berusia minimal 4 minggu, bantuan pakan 2kg/ekor selama 2 bulan, obat-obatan dan vitamin serta desinfektan, bantuan pembuatan kandang ayam sebesar 3 juta, dan pelaksanaan bimtek selama 2 hari .

Baca juga  KUNJUNGAN SINGKAT KEPALA PUSAT PENYULUHAN KEMENTRIAN PERTANIAN DI BAPELTAN JAMBI
Penyerahan bantuan untuk pesantren program KSTM di Bungo [sumber photo : uci]

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Bungo yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bapak Ir. H. Harmaji serta dilakukan Penyerah secara simbolis berupa 500 ekor ayam Buras jenis JOPER, Bantuan Pakan 1-2 Bulan, Vitamin dan obat-obatan. Dalam sambutannya Bapak Harmaji mengucapkan Terima Kasih kepada Kementan atas bantuan Perdana Peningkatan Kompetensi Dalam rangka penumbuhan KSTM, dimana program ini mendukung misi kabupaten Bungo dalam Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pelayanan pendidikan dan berakhlak serta Pengembangan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada sektor pertanian, perkebunan dan lembaga ekonomi masyarakat. Harmaji juga berpesan bagi santri selain ilmu agama perlu mempelajari bekal duniadan berharap agar bantuan ini dipelihara dengan baik sehingga dapat berkembang pesat.

Sambutan juga diberikan oleh Kepala KEMENAG Kab. Bungo Bapak H Muhammad Ikbal, S.Ag, MH yang mengucapka Terima Kasih Kepada BPP Jambi dan KEMENTAN, dan berpesan bahwa bantuan ini merupakan amanah sehingga Harus dipelihara dengan baik, sesuai dengan ilmu yang telah didapatkan dari BIMTEK di BPP Jambi dan Arahan TIM Teknis Kab. Bungo. Ikbal juga menyatakan bahwa Pondok Pesantren Siap bekerja sama dalam pemeriksaan terkait bantuan.

Kepala Balai BPP Jambi, Sabir,S.Pt.,MSi berharap bahwa kegiatan ini terus berlanjut dan dijadikan usaha bagi Pondok Pesantren dan pemenuhan gizi bagi santri.

Sedangkan para santri sangat senang dan antusias dengan kegiatan ini, terlihat saat pembuatan kandang dan pemberian ayam mereka bekerja gotong royong dalam pembuatan kandang dan memberi pakan ayam.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru