CETAK INSAN PROFESIONAL, KAMMI AT TAHRIR GELAR SHORT COURSE JURNALISM

oleh -56 views
Sumber foto: KAMMI AT TAHRIR

Jambi, Oerban.com – Organisasi mahasiswa sudah harus menjawab kebutuhan akan pernah anggotanya di masyarakat sebagai insan yang professional di bidangnya. Hal ini pulalah yang melatarbelakangi agenda short course journalism yang diadakan oleh KAMMI At-tahrir Universitas Jambi pada (16/5) yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom.

Kegiatan yang dibuka secara umum tersebut menghadirkan Awin Sutan Mudo pimpinan redaksi media Jambi Link sebagai pemateri yang menyampaikan tentang teknik dasar kepenulisan jurnalistik serta kode etik jurnalistik. Selama kegiatan berlangsung, antusias peserta sangat terasa, terbukti dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta kepada pemateri secara langsung.

Ketua KAMMI at-tahrir, Muhammad Azim menyatakan kegiatan ini sebagai jawaban atas keinginan para intelektual muda yang ingin mempelajari kiat-kiat menulis berita layaknya seorang jurnalis. “Kami ingin agar para mahasiswa khusunya anggota KAMMI mampu menulis berita sesuai standar yang ada di media, ini juga sebagai realisasi program komisariat dalam memberikan wadah belajar bagi teman-teman” katanya melalui WA pada tim oerban.com setelah kegiatan berlangsung.

Diskusi yang di moderator oleh Dian Inayah Sukatendel tersebut berlangsung dari pukul 14.00-15.30 Wib, pemateri pada mulanya menanyakan pada peserta diskusi mengenai urgensi menulis, apa itu berita dan dilanjutkan dengan dasar-dasar kepenulisan berita bagi pemula. Awin, selaku pemateri menekankan bahwa kemampuan menulis bukanlah bakat alamiah dari lahir, namun ia dapat dipelajari oleh siapapun, sehingga semua orang berpotensi menjadi penulis, apapun produk tulisannya.

Ditambahkan Azim, diskusi ini akan berlanjut dengan pemateri yang berbeda. Setelahnya, para peserta akan dibimbing secara kolektif agar bisa membuat sebuah tulisan hingga tembus media.

Penulis: Novita Sari
Editor: Renilda Pratiwi Yolandini